get app
inews
Aa Read Next : Bangun Museum Wisata Budaya dan Sejarah, Firhando Tanamkan Rasa Bangga Generasi Muda Kota Batu

Telkomsel Sukses Gelar IndonesiaNEXT Summit 2024, Cetak Technopreneur Masa Depan Indonesia

Selasa, 08 Oktober 2024 | 14:44 WIB
header img
Telkomsel Sukses Gelar IndonesiaNEXT Summit 2024. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Telkomsel berhasil menyelenggarakan IndonesiaNEXT Summit 2024, sebagai puncak dari program Corporate Social Responsibility (CSR) unggulan IndonesiaNEXT Season 8. Dengan tema "Upskill to Innovate", acara ini dirancang untuk membekali generasi muda Indonesia dengan keterampilan digital yang tidak hanya relevan, tetapi juga membuka jalan bagi mereka untuk menjadi technopreneur inovatif.

Dalam konteks perubahan global yang cepat, keterampilan digital menjadi sangat penting. Berdasarkan studi dari Asian Development Bank (ADB) dan LinkedIn, dalam lima tahun terakhir, 75% pemberi kerja di Asia dan Pasifik semakin mencari tenaga kerja dengan keterampilan digital yang lebih tinggi, mulai dari digital design, data analytics, data science, machine learning, hingga programming. 

Fakta ini membuat IndonesiaNEXT Summit semakin relevan sebagai wadah untuk memperkuat daya saing generasi muda Indonesia di pasar kerja global.

VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, menekankan bahwa IndonesiaNEXT tak hanya berfokus pada pengembangan keterampilan teknis digital peserta, tetapi juga memotivasi mereka untuk menciptakan solusi yang dapat memberi dampak positif bagi masyarakat. 

“Program ini sejalan dengan visi Telkomsel untuk menjadi penyedia layanan digital terdepan dan menginspirasi generasi muda untuk berinovasi,” ujarnya pada Selasa (8/10/2024).

Saki juga menyoroti pendekatan holistik dari program ini, yang tidak hanya membekali peserta dengan keterampilan teknologi, tetapi juga menanamkan semangat kolaborasi dan inovasi. 

“Kami berharap peserta dapat menciptakan solusi yang tidak hanya relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini, tetapi juga menjawab tantangan masa depan,” tambahnya.

Acara IndonesiaNEXT Summit 2024 menghadirkan berbagai sesi inspiratif yang memperkaya wawasan peserta terhadap perkembangan teknologi digital terkini. Salah satu sesi yang paling dinantikan adalah DigiTalks, di mana para ahli dari berbagai industri berbagi wawasan mengenai kekuatan transformatif teknologi. Mereka juga membahas bagaimana teknologi digital memengaruhi kehidupan sehari-hari dan membawa perubahan besar bagi masa depan dunia. 

Sejak awal musim, ribuan peserta IndonesiaNEXT dari berbagai perguruan tinggi telah dibagi ke dalam tiga kategori: Hustler, Hipster, dan Hacker. Mereka mengembangkan keterampilan yang disesuaikan dengan minat masing-masing, hingga berhasil menyelesaikan tahap International Certification.

Dari ribuan peserta tersebut, hanya 31 mahasiswa terbaik yang terpilih dan membentuk 11 tim untuk melanjutkan pelatihan intensif di MVP Bootcamp. Selama pelatihan, mereka diasah lebih dalam mengenai manajemen SCRUM, komunikasi empatik, dan desain layanan inovatif.

Sebagai puncaknya, para peserta diberi kesempatan untuk mempresentasikan inovasi digital mereka di hadapan panel juri yang terdiri dari pakar industri dalam sesi NEXT Pitching. Mereka tak hanya berkompetisi, tetapi juga terinspirasi untuk terus meningkatkan daya saing dan kapabilitas. 

“Kami berharap ini menjadi langkah awal untuk menciptakan masa depan yang lebih gemilang bagi Indonesia,” kata Saki menutup acara.

IndonesiaNEXT merupakan bagian dari ekosistem inovasi digital Telkomsel yang luas, mencakup berbagai program seperti digital talent accelerator IndonesiaNEXT, impact startup incubator NextDev, corporate accelerator Tinc, hingga corporate venture capital Telkomsel Ventures. 

Semua ini adalah bagian dari strategi Telkomsel untuk memperkuat posisi Indonesia dalam peta digital global, memastikan bahwa generasi muda tidak hanya siap menghadapi masa depan, tetapi juga menciptakannya.

Dengan acara ini, Telkomsel menegaskan komitmennya untuk memberdayakan generasi muda melalui teknologi, sekaligus menjembatani mereka dengan berbagai peluang dan inovasi yang dapat mengubah dunia.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut