get app
inews
Aa Read Next : Selama Enam Segmen Debat, Firhando Gumelar-H Rudi Dinilai Luar Biasa dan Cocok Pimpin Kota Batu

Firhando Gumelar-Rudi Siapkan Taktik Jitu Selesaikan Masalah Pertanahan di Kota Batu

Sabtu, 26 Oktober 2024 | 22:36 WIB
header img
Calon Walikota Batu Firhando Gumelar berkomitmen untuk menyelesaikan kasus-kasus pertanahan di Kota Batu. Foto iNewsSurabaya/ist

BATU, iNewsSurabaya.id - Calon Walikota Batu Firhando Gumelar berkomitmen untuk menyelesaikan kasus-kasus pertanahan di Kota Batu. Sebab menurutnya, permasalahan pertanahan di Kota Batu yang tak kunjung usai malah merugikan banyak pihak. Baik dari pemerintah, masyarakat, hingga sektor bisnis swasta.

Ia mengaku sudah memiliki jurus-jurus jitu untuk mengurai dan mencari jalan keluar terkait permasalahan, konflik, dan sengketa pertanahan di Kota Batu. Baik melalui cara litigasi maupun non litigasi. Sebab, jika permasalahan pertanahan di Kota Batu bisa selesai, ia meyakini seluruh pihak di Kota Batu akan merasakan dampak positifnya. "Ketika saya turun ke warga, banyak yang curhat dan laporan mengenai kasus pertanahan di Kota Batu,” katanya, Sabtu (26/10/2024).

Setelah berkonsultasi dengan berbagai pihak dan melakukan kajian, Firhando berjanji akan mengurai dan sebisa mungkin menyelesaikan kasus pertanahan di Kota Batu melalui negara. Tentunya sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang berlandaskan Undang-Undang Pokok Agraria 1960. “Bismillah kita bersama-sama menyelesaikan permasalahan di Kota Batu," katanya. 

Ia mengakui bahwa persoalan pertanahan yang telah berlangsung bertahun-tahun di Kota Batu itu memang tidak mudah dan tidak bisa diselesaikan semudah membalik telapak tangan. Namun dengan kajian yang sudah ia miliki, serta menggandeng Kantor Pertanahan Kota Batu, BPN Pusat, hingga mengikutsertakan aparat penegak hukum, ia berharap bisa menyelesaikan secepatnya. 

Baginya, dengan menyelesaikan atau mengurai kasus pertanahan di Kota Batu, Pemerintah Kota Batu akan lebih mudah dalam membangun Kota Batu melalui cetak biru atau blue print masa depan. Penataan kota dengan rencana tata ruang wilayah yang jelas, bisa menjadikan Kota Batu lebih tertata dan maju.

“Kalau kita lihat di banyak kota wisata di luar Indonesia itu bisa tertata dengan baik wilayahnya, karena mereka ada blue print pembangunan yang modern dan berjangka panjang,” terangnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut