get app
inews
Aa Read Next : Hari Sumpah Pemuda, Ratusan Pemilih Pemula Deklarasi Dukung Khofifah-Emil

Smekdors Fiesta Fest, Ajang Pembelajaran Nyata bagi Siswa Kelola EO

Minggu, 27 Oktober 2024 | 18:06 WIB
header img
Glow Up berhasil meraih juara 1, Juara 2 Lohjinawi, dan Juara 3 The Jaazt, Juara Favorit After Five. Selain band, kategori terbaik juga diperebutkan para peserta. Foto/Saipul Yudi

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Smekdors Fiesta Fest XXII 2024 kembali digelar SMK Dr Soetomo (Smekdor). Lomba band antar pelajar se Indonesia ini sekaligus menjadi ajang belajar bagi para siswa SMEKDOR'S yang terlibat dalam gelaran acara musik ini. Mereka menjadi event organizer selama acara berlangsung. 

Kepala SMK dr Soetomo Surabaya, Juliantono Hadi mengungkapkan ada sebanyak 50 siswa yang terdiri dari kelas 10 dan 11 menjalankan event organizer dalam gelaran SMEKDOR'S Fiesta 2024. 

Dari jumlah itu beberapa diantaranya merupakan anggota OSIS sementara beberapa lainnya merupakan siswa dari jurusan Akuntansi, Perhotelan, Produksi film, PSPT (Jurusan Produksi dan Siaran Program TV), dan bisnis ritel. 

"Konser ini menjadi wadah bagi siswa untuk belajar bagaimana menghandel sebuah acara, mulai penataan panggung, konsumsi, persiapan audi-video hingga menyediakan juri mereka terjun langsung tanpa bantuan dari sekolah," ujar pria yang akrab disapa abah Anton ini.

Dengan pembelajaran langsung seperti ini, katanya, siswa akan lebih terlatih dalam berorganisasi dan kerjasama tim. Selain itu membangun tanggung jawab dan disiplin dalam diri siswa. Karena setiap projek tentu akan dipegang masing-masing siswa dalam sebuah tim.

Misalnya, contoh abah Anton, tata panggung dan audio-video dikelola siswa jurusan PSPT atau broadcasting, konsumsi dari siswa perhotelan, penjualan tiket dikelola siswa Akuntansi, Hightligt even dikelola siswa anak produksi film dalam bentuk dokumenter dan peserta dikelola oleh OSIS.

Dari masing-masing  projek ini mereka akan membuat laporan selama kegiatan berlangsung dan akan dikonversikan pada nilai mata pelajaran masing-masing jurusan. 

Sementara itu, Sekretaris Panitia Smekdor's Fiesta Nimas Isla  menambahkan para siswa yang tergabung dalam projek besar event Smekdor's Fiesta akan mendapatkan pengalaman yang nyata dalam menangani sebuah even. 

Pasalnya, acara tahunan ini menghandel puluhan peserta dan di pertontonkan dalam Pekan Raya Jawa Timur (PRJ)  yang mana masyarakat bisa menilai secara langsung bagaiamana acara terlaksana. 

"Acara ini menjadi wadah bagi pelajar yang memiliki bakat dibidang musik untuk tampil dan unjuk kebolehan. Apalagi festival band ini kan jarang, ini jadi kesempatan bagi peserta untuk menampilkan karya terbaiknya dan mengembangkan bandnya masing-masing. Karena juri yang kami gandeng pun dari musisi legendaris," sebutnya.

Smekdor's Fiesta XXII tahun ini diikuti setidaknya 43 tim peserta yang berasal dari berbagai daerah. Selain dari Jawa Timur seperti Bangil, Sidoarjo, Kediri, Malang, Magetan juga ada yang berasal dari Semarang dan luar Jawa. 

Adapun band yang keluar sebagai juara dalam event bergengsi tahunan ini adalah Glow Up berhasil meraih juara 1, Juara 2 Lohjinawi, dan Juara 3 The Jaazt, Juara Favorit After Five. Selain band, kategori terbaik juga diperebutkan para peserta. 

Mereka yang mendapat penghargaan ini adalah Lohjinawi dengan kategori The best gitar dan The best drum, The best bass dari band the jaazt, The best keyboard dari band rasio x dan kategori The best vocal dari band glow up.

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut