get app
inews
Aa Read Next : Sukses Kelola BUMD, Tokoh Muda Nahdliyin ini Diganjar PWI Jatim Award 2024

PT JGU Teken Kerjasama Dagang Pemprov Gorontalo

Kamis, 31 Maret 2022 | 19:36 WIB
header img
BUMD Pemprov Jatim, PT Jatim Grha Utama (JGU) menjalin kerjasama dengan CV Indocipta Sejahtera (ICS) yang berasal dari Provinsi Gorontalo.(Foto: MPI)

SURABAYA, iNews.id - BUMD Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim), PT Jatim Grha Utama (JGU) menjalin kerjasama dengan CV Indocipta Sejahtera (ICS) yang berasal dari Provinsi Gorontalo. Masing-masing perusahaan bertukar komoditi, khususnya agro untuk dipasarkan di wilayahnya. 

Kerjasama tersebut bertepatan dengan Forum Misi Dagang Pemprov Jatim dan Pemprov Gorontalo yang digelar hari ini, Kamis (31/3/2022). Dalam kerjasama ini, PT JGU memiliki potensi berupa telur, karkas Ayam, dan bawang merah. Komoditi tersebut akan dikirim  ke Gorontalo. 

Sebaliknya, PT ICS mengirim ikan Deho. Ikan Deho dari Gorontalo menjadi substitusi impor. Khususnya saat ombak tinggi sekitar bulan Desember dan Januari, sebagai bahan baku pindangan untuk dimasukkan ke PT Puspa Agro. 

"Nilai potensi untuk ikan tersebut mencapai 30 kontainer per bulan. Jumlah itu setara dengan Rp2,75 miliar," terang Direktur Utama (Dirut) PT JGU Mirza Muttaqien. 

Dia mengungkapkan, setelah MoU, akan ditindaklanjuti dengan perjanjian kerjasama (PKS). Itu merupakan langkah awal.  Mirza yakin, banyak komoditi lain yang bisa dikerjsamakan. “PKS ini akan menguntungkan masing-masing provinsi," ungkapnya. 

Forum Misi Dagang tersebut dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, beberapa pejabat pemerintah provinsi Gorontalo, beberapa pejabat Pemprov Jawa Timur, pelaku usaha dari dua provinsi, serta pimpinan BUMD kedua provinsi. 

Editor : Ali Masduki

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut