get app
inews
Aa Read Next : Embarkasi Surabaya Berangkatkan Kloter 20 ke Tanah Suci, Ada 7.418 Jemaah Terbang ke Arab Saudi

Penumpang Bandara Juanda 21.500 Orang/Hari

Sabtu, 23 April 2022 | 13:26 WIB
header img
Bandara Juanda

SIDOARJO, iNews.id - Menjelang Idul Fitri, penumpang Bandara Internasional Juanda mengalami kenaikan penumpang. Tercatat setiap hari mencapai 21.500 orang.

General Manager Bandara Internasional Juanda Sisyani Jaffar mengatakan, kenaikan pergerakan penumpang di kian terjadi di pekan ketiga, dengan jumlah harian penumpang mencapai 23.000 orang per harinya. Dari sanalah, pihaknya memprediksi terus terjadi kenaikan pada pekan keempat atau akhir April 2022 ini.

"Pekan ketiga saja ada 23.000 penumpang per harinya. Ini mengindikasikan peningkatan jumlah penumpang menjelang periode libur pada Hari Raya Idul FItri tahun ini, mulai terlihat sejak pekan ketiga," ucap Sisyani Jaffar, melalui rilisnya.

Pihaknya memprediksi puncak pergerakan pesawat arus mudik tertinggi akan terjadi pada H-3 Lebaran, yakni sejumlah 240 pergerakan atau meningkat sebesar 36 persen, jika dibandingkan hari normal nonpeak season tahun 2022, yang sejumlah rata-rata 176 pergerakan pesawat per hari.

"Sementara jumlah penumpang tertinggi pada arus mudik diperkirakan sejumlah 37.818 penumpang pada H-2 Lebaran. Jumlah tersebut lebih tinggi dari rata-rata penumpang harian pada hari normal nonpeak season tahun 2022 sejumlah rata-rata 22.299 penumpang atau diprediksi meningkat 70 persen," ujarnya.

Berkaca pada periode lebaran tahun 2021 lalu kenaikannya pun disebut Sisyani cukup signifikan mengingat tahun lalu mudik memang tidak diperbolehkan.

"Jumlah penumpang selama periode Posko Lebaran tahun 2021 adalah 151.915 penumpang, tahun ini kami prediksi total penumpang pada periode yang sama dapat mencapai hingga 503.913 penumpang atau meningkat 232 persen,” tuturnya.

Sisyani menambahkan, ada dua operator penerbangan yakni Air Asia dan Lion Air, yang mengajukan tambahan penerbangan selama periode libur lebaran 2022.

“Hingga tanggal 19 April 2022, Air Asia telah mengajukan 19 extra flight dengan tujuan Bali dan Lion Air total mengajukan 373 ekstra flight untuk empat rute yakni Banjarmasin, Balikpapan, Bali, dan Pontianak. Periode pelaksanaan extra flight ini mulai tanggal 20 April hingga 20 Mei 2022,” jelas dia.

Sisyani mengimbau seluruh calon penumpang yang akan berangkat untuk memperhatikan persyaratan penerbangan. “Guna kenyamanan, kami imbau para pengguna jasa yang akan berangkat melalui Bandara Juanda agar mempersiapkan dokumen persyaratan perjalanan serta memperhatikan betul terkait persyaratan penerbangan terkini,” tuturnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut