get app
inews
Aa Read Next : Hardiknas 2024, Pemprov Jatim Tegaskan Komitmen Tingkatkan Kualitas SDM, Ini Fokusnya

Ciptakan Lulusan SMK Siap Kerja, MKKS SMKN Jatim Teken Kerjasama Dengan Industri

Jum'at, 27 Mei 2022 | 18:11 WIB
header img
Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Wahid Wahyudi menandatangani MoU (Foto: iNews.id/Pool)

SURABAYA, iNews.id - Upaya pemerintah untuk mewujudkan slogan 'SMK Bisa' Siap Kerja, Cerdas dan Kompetitif terus digalakkan. 

Di Jawa Timur, upaya tersebut dijalankan oleh Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Negeri. 

Forum perkumpulan Kepala Satuan Pendidikan ini menggelar rapat koordinasi (rakor) bersama PT Multi Reksa Sinergitas dalam rangka menjalin kerja sama antara industri dan SMK, pada Jumat (27/5/2022).

Ketua MKKS Jawa Timur, Heru Mursanyoto, mengatakan bahwa rapat koordinasi bertujuan untuk menyinergikan program industri dengan dunia pendidikan.

Selama ini, kata dia, PT. Multi Reksa Sinergitas telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Jawa Timur melalui Program Sinergi Maju, Kemandirian dan Konsorsium. Sasarannya, peserta didik dan lulusan SMK seluruh Jawa Timur. 

"PT Multi Reksa Sinergitas bergerak di bidang IT, dalam program ini menunjuk PT Multi Raya Sinergitas sebagai perusahaan yang melaksanakan kerjasama dengan SMK," ujarnya.

Heru menjelaskan, agenda rakor kali ini membahas tiga program. Diantaranya kurikulum merdeka, perencanaan berbasis data, sekaligus tanda tangan kerja sama industri. Yakni penandatanganan PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara dunia industri dan sekolah.

Sebelumnya juga sudah dilaksanakan MOU dengan Kepala Dinas Pendidikan Jatim dan ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi pada 19 Januari 2022 lalu. 

MMKS menggandeng PT Mitra Raya Sinergitas sebagai pihak yang ditunjuk untuk melakukan kerja sama dengan sekolah didukung dengan beberapa support lainnya. Seperti HP, Fujitsu dan Gigabyte.

"Program PT. Mitra Reksa Sinergitas ini  bertujuan untuk menciptakan jaringan dari SMK untuk SMK. Baik dari sisi produksi, distribusi dan pemasaran, pengembangan pendidikan dan lain sebagainya," tuturnya.

Dia berharap kolaborasi ini bisa memenuhi kebutuhan di Rumah SMK (Teaching Factory - Pemasaran), pengembangan kurikulum dan inovasi, update customer need/ asosiasi profesional/ asosiasi industri dan jaringan ini antar SMK untuk SMK. 

Sebagai informasi, kegiatan PKS yang dilakukan 21 SMK secara serentak ini berakhir dengan lancar dan aman. Dengan menggunakan Protokol Kesehatan ketat.

Turut hadir, Ketua MKKS Jawa Timur - Drs. Heru Mursanyoto, MM, Direktur PT Multi Reksa Sinergitas - Dedhy H Yahya dan disaksikan oleh Kabid SMK Jatim Dr. Kurniawan Hary Putranto ST, MM

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut