Melihat Persiapan Warga Tengger Rayakan Yadnya Kasada 2022

M Ainul Yakin
.
Rabu, 15 Juni 2022 | 17:54 WIB

PROBOLINGGO, iNews.id - Warga Suku Tengger meyiapkan Ongkek berisi sesaji di Desa Jetak, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Rabu (15/6/2022).

Ongkek berisi hasil bumi ini merupakan sesaji yang akan dilarung ke kawah puncak Gunung Bromo pada perayaan Yadnya Kasada, pada Kamis (16/6).

Ritual Yadnya Kasada yang merupakan upacara adat masyarakt suku Tengger dan sudah berlangsung sejak abad ke-14 tersebut untuk memohon keselamatan, kemakmuran, dan tolak bala kepada Sang Hyang Widhi.

Prosesi melarung sesaji oleh warga Tengger di bibir kawah ini menjadi prosesi puncak ritual Yadnya Kasada setelah sehari sebelumnya diadakan doa-doa di dalam ritual pawedalan pura, melasti dan prosesi pengambilan air suci.

Ritual kuno yang sudah dilakukan sejak beradab-abad lampau ini juga menjadi simbol rasa syukur sekaligus penggenapan janji masyarakat Tengger kepada sang Hyang Widhi dan nenek moyang mereka, yakni legenda pasangan suami istri, Roro Anteng dan Joko Seger. Keduanya rela mengorbankan anaknya, yakni Raden Kusuma untuk dilarung ke dalam kawah Gunung Bromo.

(Foto: Kopda Mar Moch. Ainul Yakin)

Editor : Ali Masduki
Bagikan Artikel Ini