Logo Network
Network

Menjajal Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika

Ali Masduki
.
Minggu, 26 Maret 2023 | 00:24 WIB

LOMBOK, iNewsSurabaya.id - Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika kini menjadi salah satu jujugan wisata di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Usai menjadi tuan rumah penyelenggaraan MotoGP pada Maret 2022 lalu, trek balap sepanjang 4,31 kilometer itupun kini bisa dijajal oleh wisatawan.

Selama berada di arena balap ini, pengunjung bakal merasakan sensasi layaknya pembalap MotoGP dan World Superbike. Bahkan wisatawan bisa dengan bebas berswafoto atau sekedar menunggangi sepeda motor untuk menikmati dan 17 tikungan dengan pemandangan indah perbukitan selama berputar-putar di sirkuit.

Di sirkuit ini, wisatawan bisa berjalan kaki, jogging, dan bersepeda. Jika tak ingin ribet, sebelum datang reservasi terlebih dulu. Nantinya, pihak Mandalika Grand Prix Association akan menyiapkan kendaraan khusus. Tentunya dengan harga sewa yang sudah ditentukan. Pengunjung akan diarahkan memasuki sirkuit dari pintu yang terletak di depan garis start-finish Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika. 

Sirkuit dengan nama resmi Pertamina Mandalika International Street Circuit ini sendiri dibangun pemerintah Indonesia sebagai tempat perhelatan berbagai ajang balap kelas dunia. Sebagai kawasan pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pemerintah merogoh APBN Rp2,4 T untuk Pembangunan Sirkuit Mandalika

Sedangkan penggunaan Pertamina menjadi nama resmi Sirkuit Mandalika, karena Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang minyak dan gas bumi ini menjadi sponsor utama sirkuit yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 12 November 2021 lalu. Logo Pertamina terpampang gagah pada Tikungan 10. 

Untuk memperkuat strategi perseroan menjadi perusahaan kelas dunia, Pertamina rela merogoh kocek sekitar Rp100 miliar untuk mendapatkan hak penamaan Sirkuit Mandalika. Menurut Pertamina, Sirkuit Mandalika ini adalah bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional. Salah satunya dengan sinergi BUMN mengembangkan sektor pariwisata.

Perlu diketahui, pembuatan Sirkuit Mandalika melibatkan arsitek asal Amerika Serikat, Popuolus. Perusahaan itu sudah berpengalaman membuat beberapa arena olahraga lain seperti Stadion Wembley di London. Dibangun mulai 2019, Sirkuit Mandalika membutuhkan waktu pengerjaan selama dua tahun.

Kehadiran Sirkuit Mandalika pun menjadi tambahan daya tarik dari tempat ini. Hamparan pemandangan indah di sekeliling menjadi salah satu alasan mengapa Pertamina Mandalika International Street Circuit dianggap sebagai sirkuit terindah di dunia.

Sejak 2017, Mandalika sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang direncanakan dapat menjadi kawasan wisata. Nama Mandalika berasal dari nama seorang putri dalam cerita rakyat yang terkait dengan perayaan Nyale di Lombok.

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.