Logo Network
Network

Melihat Kesiapan Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus dalam Momen Ramadan dan Idul Fitri 2023

Ali Masduki
.
Minggu, 16 April 2023 | 01:10 WIB

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Mobilitas masyarakat saat mudik Idul Fitri 2023 diperkirakan meningkat tajam, menyusul semakin membaiknya perekonomian dan tidak ada pembatasan atau larangan perjalanan pasca pandemi Covid-19.

Diperkirakan, pada lebaran tahun 2023 ini akan meningkat menjadi 123,8 Juta Orang. Sedangkan potensi pergerakan masyarakat tahun 2023 pada masa Idul Fitri Tahun 2023 khususnya di wilayah Jawa Timur adalah sebesar 21,2 Juta orang atau sebanyak 52,13 % dari jumlah masyarakat Jawa Timur.

Hal itu menjadi perhatian khusus bagi pemerintah, terutama Pertamina sebagai penyedia dan melayani kebutuhan bahan bakar minyak dan gas bumi untuk dalam negeri. 

Guna memastikan kelancaran pendistribusian BBM dan LPG selama Ramadan dan Idul Fitri, Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus telah membentuk Satuan Tugas (SATGAS) khusus Pertamina Siaga yang melibatkan fungsi-fungsi terkait, serta instansi-instansi meliputi KESDM, Kemenhub, BPH Migas, Kepolisian, Jasa Marga, TNI, dan PT Telkom Indonesia mulai tanggal 1 April – 2 Mei 2023.

Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Dwi Puja Ariestya menuturkan, guna mengamankan kebutuhan BBM masyarakat selama libur lebaran, Pertamina melakukan kinerja ekstra dengan membentuk Satgas RAFI Pertamina Siaga.

Satgas Rafi akan memonitor secara ekstra untuk menjamin distribusi dan kesiapsiagaan seluruh lembaga penyalur baik BBM maupun LPG serta keadaan khusus (emergency lainnya) yang dapat mengganggu kelancaran distribusi.

Untuk mendukung kelancaran perjalanan selama periode Pertamina Siaga, Pertamina menambah layanan berupa 100 Motorist Pertamina Delivery Service dan 15 Kantong BBM berbentuk Mobil Tanki (Mobile Storage) se-Jatimbalinus. Petugas ini akan siaga pada titik-titik rawan kemacetan, bencana dan konsentrasi pemudik serta destinasi wisata utama di Jatimbalinus. Kedua layanan tersebut untuk memangkas jarak supply dan mendekatkan energi ke konsumen.

Selain itu, Pertamina juga menambah 10 Kiosk Modular Dispenser untuk 10 titik Rest Area yang tidak memiliki SPBU, menyiagakan 13 SPBU di Jalur Tol dan 1075 SPBU dan 764 Agen LPG Siaga di Jalur Non Tol dengan menambah jam operasional mereka.

Khusus Jalur Tol, agar pemudik merasa nyaman dan membantu mengurangi kecelakaan akibat faktor kelelahan, Pertamina menyediakan 3 Rumah Pertamina Siaga yang siap mengecek kondisi kesehatan pemudik, menyediakan tempat beristirahat sementara dengan aman dan nyaman.

“Momen ini kita juga siaga terhadap adanya gangguan cuaca dan  bencana alam yang dapat mengganggu distribusi. Serta menyiagakan seluruh instalasi Pertamina maupun lembaga penyalur utamanya terhadap faktor safetynya. Pola alternatif dan emergency supply kita siapkan dari segala penjuru supply point BBM dan LPG untuk mengantisipasi terputusnya distribusi akibat faktor tersebut,” tutupnya
 

Editor : Ali Masduki

Follow Berita iNews Surabaya di Google News

Bagikan Artikel Ini