Cerita Unik Perumahan di Bangil, 40 Unit Rumah Dikenal sebagai Perumahan Kampung Janda

Redaksi
Di Bangil, tepatnya Kelurahan Gempeng, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan terdapat rumah yang dihuni oleh para janda, perumahan tersebut terkenal dengan sebutan Kampung Janda.

PASURUAN, iNews.id - Ada cerita menarik di Pasuruan Jawa Timur. Di Bangil, tepatnya Kelurahan Gempeng, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan terdapat rumah yang dihuni oleh para janda, perumahan tersebut terkenal dengan sebutan Kampung Janda.

Keberadaan perumahan tersebut tak lepas dari uluran tangan seorang pengusaha sarang burung walet terkenal di Pasuruan bernama Hanif Kamaluddin. Pada tahun 2001, ia memutuskan untuk membuat perumahan khusus Janda. Perumahan ini bertujuan untuk menolong janda-janda yang ada di Bangil, Pasuruan.

Perumahan ini berada di sebuah komplek bernama Perumahan Arbain. Penamaan Arbain itu sendiri dalam bahasa Arab yang artinya 40, dimana perumahan ini memiliki 40 unit rumah dengan tipe 36 yang difasilitasi dua kamar tidur dan satu kamar mandi.

Status janda jadi syarat mutlak untuk tinggal di komplek ini. Ada sekitar 37 janda yang tinggal di tempat ini mulai usia 35 hingga 70 tahun dari berbagai latar belakang. Hal menarik lainnya adalah para janda yang menempati perumahan ini sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis. Bahkan setiap dua bulan sekali para penghuninya mendapat bantuan beras gratis dan hadiah saat acara besar keagamaan dari pemilik perumahan.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network