SMK IPIEMS Jadi Magnet Perusahaan, Cetak Siswa yang Miliki Ketrampilan Siap Kerja

Arif Ardliyanto
SMK IPIEMS Surabaya serius mencetak siswa untuk mampu bekerja di dunia industri

SURABAYA, iNews.idSMK IPIEMS Surabaya serius mencetak siswa untuk mampu bekerja di dunia industri. Sekolah yang berada di Jalan Menur ini memastikan lulusannya memiliki ketrampilan yang berbeda dibanding sekolah lain.

Langkah yang dilakukan SMK IPIEMS adalah memberikan pembelajaran hardskill dan softskill untuk siswa-siswanya. Mereka ditempa untuk bisa mengasah ketrampilan, dan mampu bekerja di dunia industri dengan baik. Konsep ini terus dikembangkan supaya orang tua siswa dan siswa sendiri tidak kecewa. Buktinya, banyak perusahaan-perusahaan yang meminati lulusan SMK IPIEMS.

“Setiap kelulusan, siswa kami yang diminati perusahaan sangat banyak, sekitar 60 persen sedangkan sisanya masuk perguruan tinggi,” kata Kepala SMK IPIEMS Surabaya, Akhmad Fauzi di sekolah.

Fauzie menuturkan, ketertarikan dunia industri bukan hanya omongan saja. Salah satu bukti yang nyata adalah pelaksanaan job fair yang dilaksanakan di SMK IPIEMS. Tercatat, ada sekitar 16 perusahaan yang mengikuti job fair ini. Padahal, persiapan pelaksanaan menggelar job fair tidak lama, namun ketertarikan perusahaan untuk mengikuti job fair sangat besar.

“Persiapan kita sangat minim. Namun peserta job fair dari perusahaan banyak. Ini membuat kami bangga,” ujarnya.

Selain perusahaan yang datang, lanjut Fauzi, Dinas Ketenagakerjaan Kota Surabaya juga datang untuk mengetahui secara langsung proses job fair. Prinsipnya, mereka merasa bangga dengan event job fair yang dilaksanakan. Apalagi, event job fair ini juga sesuai dengan program Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

“Kegiatan inikan cocok dengan program Pemkot Surabaya. Pak Wali Kota (Eri Cahyadi) membuat program ASIK (Arek Suroboyo Siap Kerja). Jadi kita itu berkolaborasi,” papar dia.


SMK IPIEMS Surabaya serius mencetak siswa untuk mampu bekerja di dunia industri

Meski demikian, Kepala Sekolah murah senyum ini mengakui, pihaknya akan terus meningkatkan kualitas siswa-siswa yang mengenyam pendidikan di SMK IPIEMS Surabaya. Menurutnya, tugas guru adalah memberikan terbaik terhadap anak didiknya. Begitu juga di SMK IPIEMS ini, guru akan bertugas untuk terus meningkatkan kemampuan siswa menjadi lebih baik.

“Yang jelas untuk mengembangkan sekolah ini, kami akan berkolaborasi dengan  dinas, forum bursa kerja SMK, dan industri,” papar Fauzi.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network