Tingkatkan Kapasitas, XL Axiata Usung Teknologi Smart Massive MIMO

Ali Masduki
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengusung teknologi terbaru “Smart Massive MIMO". (Foto: iNewsSurabaya/Ali Masduki).

SURABAYA, iNews.id - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengusung teknologi terbaru “Smart Massive MIMO".

Teknologi hasil kerjasama dengan Huawei tersebut untuk meningkatkan kapasitas jaringan.

Menurut Direktur & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, trafik penggunaan yang meningkat harus diimbangi dengan kapasitas jaringan yang memadai agar kualitas layanan tidak menurun.

"Untuk itulah, kami menggandeng Huawei untuk menerapkan teknologi Smart Massive MIMO ini di area-area yang membutuhkan penambahan kapasitas jaringan," katanya.

Ia menjelaskan, teknologi Smart Massive MIMO merupakan teknologi yang menggunakan konsep multiple-input dan multiple-output radio yang dapat meningkatkan kapasitas jaringan dan efisiensi spektrum. 

"Smart Massive MIMO memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas jaringan dengan memanfaatkan teknik massive antenna array dan feature beamforming," terangnya.

Dari sisi  operasional jaringan, kata dia, teknologi ini dapat memperbesar efisiensi spektrum pada jaringan. Sehingga membantu mengurangi beban operasional jaringan.

I Gede Darmayusa mengungkapkan, tekonologi baru ini oleh XL Axiata akan difokuskan pada area dengan trafik penggunaan layanan data dan internet yang tinggi. Seperti di lingkungan padat penduduk, perkantoran, tempat wisata, hingga pusat perbelanjaan.

"Teknologi ini juga sangat berguna untuk menjaga kualitas layanan di pusat layanan transportasi seperti bandara, pelabuhan dan terminal, atau juga di tempat penyelenggaraan event besar yang berpotensi terjadi lonjakan trafik," pungkasnya.  

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network