FEB Unair Ajak Lansia Melek Keuangan

Ali Masduki
Pegmas FEB Unair mengajak para lansia melek keuangan. Foto/Pegmas Unair for iNewsSurabaya.id

SURABAYA, iNews.id - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga mengajak para lansia melek keuangan. Ajakan tersebut dilakukan agar para lansia tidak salah dalam mengambil keputusan, terutama dalam mengelola keuangan.

Tim Pengabdian Masyarakat (Pegmas) FEB Unair Chorry Sulistyowati menuturkan, bahwa masalah keuangan tidak hanya dialami oleh orang-orang muda. Bahkan, orang-orang lanjut usia (lansia) juga bisa tidak berhasil menjaga stabilitas keuangan dalam jangka panjang. 

"Berbeda dengan para pekerja yang masih mendapatkan penghasilan dari gaji atau usaha lainnya. Orang-orang yang sudah pensiun atau tidak lagi bekerja mayoritas hanya memanfaatkan pendapatan dari dana pensiunnya saja atau dari anak. Namun masih ada yang melakukan kesalahan dalam mengelolanya," tuturnya.

Untuk itu, diperlukan perhatian yang serius dari semua pihak untuk upaya peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup kelompok lanjut usia.

"Peningkatan kualitas hidup kelompok lanjut usia menjadi tujuan utama dalam pengabdian masyarakat melalui program literasi keuangan," katanya usai kegiatan Pengabdian Masyarakat kelurahan Gundih, Kecamatan Bubutan Surabaya.

Program yang didanai oleh Dana Rencana Kegiatan Anggaran Tahunan (RKAT) FEB Unair tahun 2022 dan dilaksanakan pada pertengahan Agustus 2022 ini bertujuan untuk mengenalkan keuangan dasar meliputi definisi investasi, simpanan, pinjaman, serta financial technology termasuk berbagai macam e wallet di Indonesia. 

"Pemahaman tentang manfaat menabung serta konsekuensi adanya pinjaman, cara memilih investasi yang tepat dan manajemen portofolio menjadi titik focus yang ingin dicapai dalam program pengabdian masyarakat ini," ungkap Chorry.  

Kegiatan ini, kata dia, sekaligus mendukung program dari OJK. Yakni untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, termasuk kelompok Lansia Kelurahan Gundih yang merupakan salah satu kelompok lansia aktif di Surabaya. Apalagi berbagai kegiatan positif untuk anggotanya seperti posyandu lansia, senam bersama, dan lain-lan masih berjalan.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network