Keren! Mahasiswa KKN ITS Dampingi Produksi Pemurnian Garam, Ini Sistem Baru yang Dikenalkan BUMDes

Arif Ardliyanto
Mahasiswa KKN ITS membuat terobosan baru untuk mengelola garam menjadi lebih baik. Mereka membuat sistem yang dikenalkan di BUMDes Pamekasan. Foto iNewsSurabaya/ist

PAMEKASAN, iNews.id - Terobosan baru dilakukan Tim Abmas ITS dan mahasiswa KKN yang melakukan pendampingan dalam proses produksi garam konsumsi di BUMDes Mutiara Saghara di Desa Bunder Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.  Mereka membuat sistem baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Desa Bunder merupakan satu bentuk dari desa tematik yang digagas oleh pemerintah kabupaten Pamekasan  dan menjadi salah satu program prioritas Bupati dalam meningkatkan perekonomian desa. 

Dilokasi ini, garam menjadi komoditas unggulan untuk mengembangkan Eduwisata Garam sebagai solusi peningkatan kesejahteraan warga. Inovasi yang dilakukan oleh BUMDes “Mutiara Saghara” dalam hal pengolahan garam yaitu pemurnian garam menggunakan metode rekristalisasi dan penambahan iodium sehingga bisa dimanfaatkan sebagai garam konsumsi. 

Dalam kegiatan abmas ini, tim abmas memberikan masukan terkait proses rekristalisasi garam yang telah dilakukan selama ini. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network