Tingkatkan Pelayanan Ummat, MUI Surabaya Lakukan Akreditasi

Arif Ardliyanto
MUI Surabaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada semua lapisan masyarakat yang ada. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNews.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Surabaya mendorong peningkatan kinerja perangkat MUI kabupaten/kota. Salah satu terobosannya adalah melakukan akreditasi di Surabaya. 

Kegiatan ini berlangsung di Kantor MUI Surabaya Jalan Yasan Praja no.20 Surabaya dan dihadiri langsung Dr. H. Ahmad Subakir., M.Ag. dan Dr. KH. Sofiyullah, M.T. 

Sekertaris Umum MUI, KH. Drs. Muhaimin Ali menuturkan, MUI Surabaya ingin melakukan pengembangan kinerja demi memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan tersebut menurutnya, harus berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan masyarakat Surabaya.

"MUI ini sebagai khodimul ummah dan menjadi partner pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat demi terwujudnya kemaslahatan umat. MUI harus menjalin mitra dengan pemerintah daerah dan masyarakat" kata Muhaimin.

Muhaimin menjelaskan jika kegiatan visitasi Akreditasi ini untuk mengetahui eksistensi MUI Surabaya dan MUI bisa bergerak lebih baik dan tidak dipandang sebelah. Sebab, dengan adanya akreditasi semua berlomba-lomba membenahi manajemen dan administrasi masing-masing di tingkat kabupaten/kota khususnya Surabaya.

"Tentunya untuk sarana dan wahana mengkonsolidasikan semua pengurus yang mana masing-masing punya tanggung jawab, dengan adanya akreditasi tentu merupakan tanggung jawab komisi masing-masing sehingga ini bukan pengurus harian yang memerintah tapi kelembagaan secara organisasi dan tercipta keakraban." lanjutnya.

Muhaimin menjelaskan, jika Visitasi Akreditasi MUI kali ini yang akan di nilai termasuk menyangkut masalah keberadaan kantor, kepengurusan, kegiatan MUI, dan hubungan antara MUI dengan masyarakat serta pembinaan masyarakat luar dan pelayanan umat.

"Karena MUI ini fungsinya menegakkan Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar dalam kehidupan bermasyarakat mengajak orang kejalan yang baik dengan cara yang benar dan mencegah kemungkaran. Mencegah orang orang untuk berbuat kerusakan tetapi dengan cara yang baik bukan frontal, hubungan MUI ini harus harmoni dengan masyarakat." jelasnya. 

"Jadi intinya dengan Akreditasi ini sangat menguntungkan daripada MUI Kabupaten/Kota karena eksistensi MUI akan lebih dibanggakan lewat adanya Akreditasi ini, jadi kita lihat mungkin ada yang kurang bisa kita benahi. Kalau tidak ada akreditasi kita tidak tahu dan tentunya lebih terbuka." tutupnya.


MUI Surabaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Ini dilakukan sebagai upaya untuk mendekatkan diri kepada semua lapisan masyarakat yang ada. Foto iNewsSurabaya/ist

Di kesempatan lain, DR. H.Aris Nurullah, SAg., SH., MH selaku Ketua Komisi Hukum dan Perundang-Undangan dan selaku Sekretaris Tim Akreditasi merasa bersyukur dengan adanya program ini, karena banyaknya manfaat yang diterima pihaknya.

"Alhamdulillah dalam kesempatan Akreditasi ini, kami selaku Tim Akreditasi sangat bersyukur, karena dengan akreditasi ini merupakan bentuk asesmen yang akan membantu meningkatkan kualitas kami dalam melakukan pelayanan kepada Ummat." tegas Aris.

Lanjut Aris, Tim Asesor sangat memberikan Apresisi kepada Tim Akreditasi MUI Surabaya, mengingat Instrumen data akreditasi yang dimiliki sangat lengkap ketimbang MUI yang lainnya, fasilitas serta sarana dan prasarana MUI Surabaya terlihat luar biasa, sehingga MUI Surabaya sangat layak menjadi nominator pemenang MUI Award yang akan di umumkan pada tanggal 18 Desember 2022. 

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network