Prediksi Timnas Inggris Tak Lolos 16 Besar Piala Dunia, Ini Hitungannya

Ramdani Bur
Timnas Inggris memiliki peluang untuk tidak lolos alam babak 16 besar dalam Piala Dunia Qatar. Foto Okezone

QATAR, iNewsSurabaya.id - Pertandingan Piala Dunia terjadi sangat ketat di Grup B. TIMNAS Inggris akan menghadapi Wales di matchday pamungkas yang akan berlangsung di Stadion Ahmad Bin Ali, Rabu 30 November 2022 pukul 02.00 WIB.

Skuad asuhan Gareth Southgate berada di atas angin untuk melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022. Meski demikian, Timnas Inggris juga memiliki peluang untuk tidak lolos babak 16 besar.

Setelah melewati dua pertandingan, Timnas Inggris duduk di puncak klasemen Grup B dengan koleksi empat angka dan selisih gol +4. Mengekor di posisi dua ada Iran dengan tiga poin dan selisih gol -2. Membuntuti di posisi tiga ada Amerika Serikat dengan dua poin dan selisih gol 0. Terakhir atau ada di urutan buncit ada Wales dengan satu poin dan selisih gol -2.

Mengacu kepada klasemen sementara di atas, Timnas Inggris hanya butuh hasil imbang atas Wales untuk mengunci tempat di 16 besar. Kalah 0-3 dari Wales sekalipun Timnas Inggris masih lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022.

Jika kondisi itu terjadi, selisih gol Inggris dan Wales sama-sama +1, namun The Three Lions berhak menempati posisi yang lebih baik. Sebab, Inggris sanggup mengemas enam gol, sedangkan Wales cuma mencetak empat gol.

Timnas Inggris juga tetap lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 meski kalah selisih empat gol dari Wales. Hal itu asalkan di laga lain, Iran dan Amerika Serikat bermain imbang.

Lantas, situasi apa yang membuat Timnas Inggris gagal lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022? Seperti yang sudah disinggung di atas, Inggris tersingkir jika kalah 0-4 atau selisih empat gol dari Wales, plus di laga lain Iran atau Amerika Serikat memenangkan pertandingan.

Andai kondisi ini terjadi, Wales akan finis di posisi dua dengan empat angka. Meski sama-sama mempunyai poin empat, selisih gol Wales adalah +2, sedangkan Inggris 0. Sementara itu, puncak klasemen ditempati pemenang laga Iran atau Amerika Serikat.

Sekadar diketahui, FIFA menjadikan selisih gol sebagai tolok ukur utama ketika ada dua tim atau lebih mempunyai poin sama. Setelah selisih gol, jumlah gol yang dicetak dan poin fair play menjadi penilaian selanjutnya.

Meski begitu, Inggris takkan mau kalah begitu saja dari Wales. Inggris membidik kemenangan demi finis sebagai juara Grup. Jika finis sebagai runner-up grup, Timnas Inggris berpotensi menghadapi Belanda di 16 besar yang kemungkinan keluar sebagai juara Grup A.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network