Pendidikan di Jawa Timur Masih Timpang, BPS Catat Masih Fokus di Perkotaan

Arif Ardliyanto
Pendidikan masih terfokus ke perkotaan, sedangkan pedesaan atau pinggiran kota masih terabaikan. Foto tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Akses pendidikan di Jawa Timur masih belum merata secara keseluruhan. Pendidikan masih terfokus ke perkotaan, sedangkan pedesaan atau pinggiran kota masih terabaikan.

Tercatat, wilayah perkotaan rata-rata lama sekolah untuk penduduk usia 15 tahun ke atas cukup tinggi. Di hampir seluruh wilayah perkotaan di Jawa Timur ini memiliki rata-rata lama sekolah 10 tahun atau lebih atau setara kelas 1 SMA/sederajat. Data BPS menyebutkan, dalam laporan Statistik Pendidikan Provinsi Jawa Timur 2021 pada tanggal 19 Desember 2022, tercatat bahwa pada tahun 2021, hampir semua kabupaten di Jawa Timur kecuali Kabupaten Sampang sudah mempunyai nilai rata-rata sekolah di atas 6. 

“Ini menunjukkan penduduk di semua Kabupaten/Kota di Jawa Timur rata-rata sudah menyelesaikan wajib belajar sampai dengan SD/Sederajat,” kata Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan. 

Salah satu indikator kualitas penduduk dari dimensi pendidikan dapat dilihat dari indikator rata-rata lama sekolah. Semakin tinggi rata-rata lama sekolah menunjukkan bahwa semakin banyak jumlah tahun standar yang telah dihabiskan seseorang untuk menamatkan suatu jenjang pendidikan. 

Angka rata-rata lama sekolah adalah rata-rata jumlah tahun yang dihabiskan oleh penduduk untuk menempuh semua jenis pendidikan formal yang pernah dijalani. Lamanya Sekolah atau years of schooling, adalah suatu angka yang menunjukkan lamanya bersekolah seseorang mulai dari masuk pada jenjang sekolah dasar sampai dengan jenjang pendidikan terakhir.

 

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network