Penghargaan diberikan berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh MRI bekerja sama dengan Infobank terhadap 1.437 responden.
Mereka adalah nasabah bank yang tersebar Di delapan kota besar, yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Balikpapan/Samarinda, Makassar, dan Palembang.
Direktur Utama Marketing Research Indonesia, Harry Puspito, menjelaskan bahwa survei dilakukan pada rentang Oktober 2022 hingga Desember 2022 dengan menggunakan metode kuantitatif melalui wawancara tatap muka.
Pengambilan sampel dilakukan dengan metode intercept do area-are publik dan tempat keramaian, karena ingin mendapatkan responden pengguna m-banking dari setiap sampel.
“Survei ini juga mengevaluasi secondary bank (bank kedua yang dimiliki responden) yang digunakan responden. Responden kelompok ini ada 20% dari 1.437 responden,” ujar Harry.
Sementara itu Direktur Biro Riset Infobank, Eko B. Supriyanto, mengatakan dalam catatan Biro Riset Infobank, selama dua tahun masa pandemi bank-bank mengalami peningkatan pada transaksi elektronik dan digital banking.
Bank-bank dengan layanan elektronik dan digital yang lengkap memberikan kepuasan kepada nasabah.
“Loyalitas dan keterikatan nasabah menjadi salah satu faktor pendukung bank dalam meningkatkan pendapatan dari fee based income dan mengejar dana murah," terangnya.
"Untuk itu, bank-bank harus mampu melakukan transformasi digital yang memberikan kemudahan kepada nasabahnya dalam melakukan transaksi, sehingga mereka akan menjadi nasabah loyal dan engage,” tutup Eko
Editor : Ali Masduki
Artikel Terkait