Perjalanan Asmara Sembilan Istri Sang Proklamator RI

Oktavianto Prasongko
Selama hidupnya Bung Karno tercatat memiliki sembilan orang istri setiap kisah cintanya tentu memiliki keunikan sendiri. (Foto : iNewsSurabaya/tangkap layar)

Ratna Sari Dewi istri ke-5 Soekarno
Ratna Sari Dewi merupakan wanita asal Jepang yang dilahirkan di Tokyo pada tanggal 6 Februari 1940, dengan nama asli Naoko Nemoto. Ketika menikah dengan Sang Proklamator Dewi menginjak usia 19 tahun. Namun dengan meredupnya pamor Soekarno, Dewi meninggalkan Indonesia dan tinggal 10 tahun di Prancis. Pada tahun 1983 Dewi Kembali ke Indonesia. Namun setelah perceraiannya dengan Soekarno ia pergi ke berbagai negara seperti Swiss, Prancis dan Amerika Serikat. Pada tahun 2008 Dewi memutuskan menetap di Shibuya, Jepang. Soekarno dan Dewi memilik putri tunggal yang diberi nama Kartika Sari Dewi Soekarno.

Haryati istri ke-6 Soekarno
Haryati adalah seorang penari istana sekaligus staf sekretaris negara bidang kesenian. Karena profesinya tersebut Haryati menjadi dekat dengan Sang Proklamator. Soekarno secara terus-menerus memikat hati Haryati yang pada saat itu berusia 23 tahun. Pernikahan Soekarno dengan Haryati berlangsung pada tanggal 21 Mei 1963, namun pernikahan mereka hanya berlangsung 3 tahun saja. Soekarno menceraikan Haryati dengan alasan tidak ada kecocokan dengannya. Pada saat itu juga Soekarno dekat dengan Ratna Sari Dewi.


Selama hidupnya Bung Karno tercatat memiliki sembilan orang istri setiap kisah cintanya tentu memiliki keunikan sendiri

Yurike Sanger istri ke-7 Soekarno
Soekarno bertemu Yurike Sanger pada tahun 1963 dan kala itu Yurike masih berstatus sebagai pelajar SMA. Meski jarak usianya cukup jauh namun tidak menyurutkan perhatian Soekarno kepada Yurike. Bung Karno mengirimi gadis belia tersebut dengan surat cinta bahkan menghadiahinya dengan kalung. Akhirnya mereka berdua menikah pada tanggal 6 Agustus 1964. Pernikahan mereka berlangsung sangat singkat karena pada tahun 1967 Bung Karno dimakzulkan sebagai presiden. Ketika itu Soekarno meminta Yurike untuk bercerai karena kondisi Soekarno yang kurang baik dan akhirnya mereka berdua bercerai dengan baik-baik.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network