Marselino Ferdinan, Wonder Kid Persebaya dan Masuk Daftar 60 Wonderkid Terbaik Dunia

Oktavianto Prasongko
Marselino Ferdinan, pemain muda berusia 17 tahun asal klub Persebaya Surabaya yang masuk ke dalam jajaran 60 wonderkid dunia. (Foto: iNews)

SURABAYA, iNews.id - Marselino Ferdinan, pemain muda berusia 17 tahun asal klub Persebaya Surabaya yang masuk ke dalam jajaran 60 wonderkid dunia.

Pesepak bola kelahiran Jakarta itu disebut-sebut sebagai pemain muda terbaik di dunia sepak bola saat ini oleh media Inggris, The Guardian.

Masuknya Marselino Ferdinan ke dalam daftar tersebut membuat namanya bertengger bersama pemain bintang dunia lainnya seperti, Luka Romero, Nikola Iliev, Youssoufa Moukoko dan Samuele Vignato.

The Guardian menyebutkan bahwa Marselino Ferdinan mempunyai rasa percaya diri yang merupakan bekal untuk menjadi bintang sepak bola di Indonesia.

Marselino menunjukkan sinar terangnya bersama Persebaya dan kabarnya dibidik klub luar negeri untuk direkrut.

Semua mata hampir tertuju dengan performa Marselino Ferdinan bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 2021/22. Ia menunjukkan sinar terang dan digadang-gadang sebagai pemain hebat Tanah Air.

Usianya memang baru 17 tahun, namun Marselino tidak terlihat grogi untuk bersaing dengan para pemain Persebaya yang umurnya lebih tua. Ia membuktikan kualitasnya dan selalu tampil gemilang dalam setiap pertandingan yang dimainkan.

Melambungnya nama Marselino Ferdinan tidak lepas dari kejelian pelatih Persebaya Aji Santoso. Pria asal Malang tersebut yang mempromosikannya ke skuad senior Bajul Ijo musim ini.

Debut Marselino terjadi ketika Persebaya mengalahkan TIRA Persikabo dengan skor 3-1, pada pekan kedua Liga 1 2021/22. Ia masuk di menit ke-65 menggantikan Bruno Moreira.

Meski turun sebagai pemain pengganti, Marselino Ferdinan mencatatkan namanya dalam buku sejarah Persebaya. Ia memecahkan rekor pemain termuda yang diturunkan klub kesayangan Bonek tersebut di Liga 1.

Semenjak itu Aji Santoso terus memberikan kepercayaan untuk Marselino Ferdinan bermain. Ia pun mencetak gol perdananya untuk Persebaya pada saat laga melawan Arema FC.

Gol yang diukir Marselino Ferdinan terasa sangat berarti. Ia menyelamatkan Persebaya dari kekalahan karena pertandingan kontra Arema FC berakhir dengan skor 2-2.

Terbaru Marselino mencetak gol saat Persebaya mengalahkan Bali United, 3-1, di Stadion Ngurah Rai, Rabu (5/1/2022). Sejauh ini ia sudah tiga kali membobol gawang lawan dan mengukir empat assist.

Kualitas Marselino tidak cuma diketahui publik Indonesia. Media Inggris The Guardian turut memperhatikannya dengan memasukkan namanya dalam daftar 60 top wonderkid top dunia 2021.

Pada daftar itu Marselino, bersanding dengan Gavi (Barcelona), Youssoufa Moukoko (Borussia Dortmund), dan Luka Romero (Lazio). 

Marcelino Ferdinan menjadi pemain kedua Indonesia setelah Egy Maulana Vikri yang masuk list tersebut pada tahun 2017.

Bersama Ricky Kambuaya, Marselino disebut Aji masuk bidikan klub luar negeri. Pelatih asal Kepanjen Malang tersebut menjamin siap melepas kedua anak asuhnya untuk berkarier di luar Indonesia.

"Kalau ada pemain Persebaya main di luar negeri tentunya saya bersama manajemen pasti dukung. Itu akan mempertajam atau meningkatkan kualitas pemain tersebut. Jadi saya pribadi dukung, manajemen juga yakin pasti akan dukung," kata Aji Santoso.

Bicara soal timnas Indonesia, Marselino merupakan pemain andalan di Piala AFF U-15 2019. Pada ajang tersebut ia mampu mencetak lima gol.

Namun Marselino gagal membawa timnas Indonesia menjadi juara Piala AFF U-15. Skuad Garuda Muda harus puas menempati peringkat ketiga ajang tersebut.

Kiprah Marselino bersama timnas Indonesia berlanjut. Ia dipanggil untuk membela pasukan Merah Putih dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Sayang Timnas Indonesia gagal lolos ke Piala Asia U-23 2022. Pasukan Shin Tae-yong tersebut dikalahkan Australia dengan agregat 4-2.

Jika mampu mempertahankan performa impresifnya, Marselino bakal selalu dipanggil membela timnas Indonesia. Agenda padat telah menanti Skuas Garuda di sepanjang tahun ini.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network