CIMB Niaga Permudah Transaksi Digital, Pakai QRIS OCTO Mobile Lebih Cepat

Ali
Head of Marketing, Brand, and Customer Experience CIMB Niaga, Toni Darusman, memindai kode QR yang tersedia di counter kasir merchant menggunakan QRIS OCTO Mobile, dalam acara XTRA XPO 2023 di Surabaya, Sabtu (20/5/2023). Foto: iNewsSurabaya.id/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - CIMB Niaga, bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia mempermudah transaksi digital bagi nasabahnya. Salah satu produk digital andalannya yakni OCTO Mobile. Selain itu ada juga OCTO Clicks, Rekening Ponsel, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile. 

OCTO Mobile CIMB Niaga sediri hadir dengan banyak fitur baru untuk kenyamanan serta kemudahan bertransaksi. Mulai dari pembukaan rekening pertama tanpa harus ke cabang, tarik dan setor tunai tanpa kartu dan berbagai promo transaksi QR di merchant atau e-Commerce pilihan.

"QR nya CIMB Niaga beda. Sumber pendanaanya itu berbagai macam. Kita terus sosialisasi ke nasabah. Begitu mudahkan nasabah CIMB Niaga melakukan transaksi perbankan digital," kata Head of Marketing, Brand, and Customer Experience CIMB Niaga, Toni Darusman, saat ditemui dalam acara XTRA XPO 2023 di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (20/5/2023). 

Seperti dikutip dari situs CIMB Niaga, dengan menggunakan Scan QRIS OCTO Mobile, maka pengguna akan banyak mendapatkan manfaat. Diantaranya transaksi menjadi lebih cepat, tidak perlu membawa uang tunai, serta aman karena semua Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) QRIS memiliki izin dan diawasi oleh Bank Indonesia.

Berikut cara pembayaran QRIS melalui OCTO Mobile yang cepat dan mudah.

1. Login ke OCTO Mobile

Sebelum mulai melakukan pembayaran QRIS melalui OCTO Mobile, pastikan telah mengunduh aplikasi OCTO Mobile di smartphone dan mendaftarkan data diri sebagai nasabah CIMB Niaga. 

Setelah berhasil mengunduh dan juga melakukan registrasi, pengguna bisa langsung melakukan login dengan cara memasukan user ID dan password yang sudah di daftarkan sebelumnya. Pastikan mengingat user ID serta password OCTO Mobile dengan benar. Agar proses login lebih mudah, OCTO Mobile juga bisa memilih untuk menyimpan user ID untuk akses di masa depan. 

Tidak hanya bisa diakses menggunakan user ID saja, pengguna juga bisa login ke dalam aplikasi OCTO Mobile untuk lakukan pembayaran QR code atau transaksi lainnya menggunakan otentikasi biometrik, seperti sidik jari maupun face ID yang terintegrasi pada smartphone Anda.

2. Pilih Menu QR

Setelah berhasil masuk, pilih menu QR yang ada di bagian muka interface. Hadirnya menu QR yang mudah ditemukan ini akan membantu nasabah untuk melakukan transaksi lebih cepat. Selain itu, desain icon yang ada juga dibuat dengan dimensi yang cukup besar serta hadir dengan warna yang langsung menarik perhatian. 

Jadi nasabah CIMB Niaga tidak perlu repot-repot mencari menu QR di dalam aplikasi OCTO Mobile. Setelah masuk ke dalam menu, pilih tombol scan atau pindai untuk melanjutkan proses transaksi QR code.

3. Pindai QRIS

Setelah memilih tombol scan, segera pindai kode QR yang tersedia di counter kasir merchant. Untuk fitur fitur pindai QR code ini juga bisa digunakan untuk melakukan transfer maupun menerima uang dari sesama nasabah CIMB Niaga dan pengguna OCTO Mobile. 

Perlu diketahui juga, bahwa QR code terbagi ke dalam dua jenis, yaitu QR statis dan QR dari EDC. Untuk QR statis, Anda perlu memasukkan nominal pembayaran terlebih dahulu, sedangkan QR EDC sudah otomatis terisi nominal yang harus di bayarkan. 

4. Masukan Nominal Pembayaran

Setelah kode QR berhasil terpindai, sesuaikan nama merchant yang tampil di layar smartphone dengan panel QRIS yang ditemukan di counter kasir saat melakukan pembayaran. 

Selanjutnya, masukan nominal pembayaran sesuai pembelanjaan. Jangan lupa juga untuk menggunakan sumber dana yang diinginkan, baik itu dari tabungan maupun kartu kredit yang sudah di daftarkan ke dalam OCTO Mobile.

5. Konfirmasi

Setelah memasukan nominal pembayaran dan memilih sumber dana yang sesuai, kembali periksa data transaksi yang akan lakukan. Jika semua sudah benar lakukan konfirmasi dengan cara memasukan PIN OCTO Mobile yang sudah di daftarkan. Sesaat transaksi QRIS berhasil dilakukan muncul halaman baru tentang transaksi yang bisa disimpan untuk membantu pendataan catatan pengeluaran nasabah setiap bulannya. 

Di luar pembayaran QRIS, nasabah juga bisa memaksimalkan ragam fitur cardless transaction yang ditawarkan oleh OCTO Mobile. Dengan menggunakan OCTO Mobile, nasabah bisa dengan mudah mengambil uang di ATM tanpa kartu, transaksi transfer perbankan ke dalam dan luar negeri, bayar tagihan, isi ulang pulsa, serta menyediakan laporan keuangan elektronik atau e-statement ke alamat email hingga 6 bulan terakhir. 

OCTO Mobile merupakan salah satu produk digital banking dari CIMB Niaga yang dapat membantu para nasabahnya menyelesaikan segala transaksi langsung dengan cepat, mudah, dan nyaman. Tidak hanya bagi pemegang tabungan CIMB Niaga, OCTO Mobile kini tersedia bagi para nasabah kartu kredit CIMB Niaga.

Toni Darusman menegaskan, bahwa pihaknya ingin terus mendukung teknologi digitalisasi karena bagi CIMB Niaga sangat penting. Untuk itulah maka gelaran CIMB Niaga XTRA XPO 2023 digeber serentak di 3 kota besar di Indonesia. Di antaranya kota Surabaya (Pakuwon Mall), Jakarta (Senayan City), dan Medan (DeliPark). Acara yang berlangsung selama 3 hari, mulai Jumat-Minggu, 19-21 Mei 2023.

"CIMB Niaga XTRA XPO 2023 ini untuk memberikan pengalaman digital ke nasabah," ucapnya.

XTRA XPO merupakan salah satu signature event yang digelar sejak 2016 dan selalu sukses menyedot animo nasabah dan masyarakat untuk mendapatkan berbagai penawaran menarik dari CIMB Niaga. 

Tahun ini, XTRA XPO menghadirkan experience yang berbeda. Dari sisi lokasi, acara digelar di tengah kota sehingga memudahkan akses masyarakat untuk mengunjungi dan menikmati beragam keuntungan yang ditawarkan. 

Penawaran yang diberikan juga semakin spesial yaitu XTRA Crazy Deals Diskon 50% Pakai Poin Xtra dengan kuota lebih banyak, yaitu 50.000 kuota yang bisa dinikmati di tiga kota selama acara berlangsung.


 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network