Ketika Tangan Dingin Komunitas SSCS Menyentuh Anak Jalanan Surabaya

Ali Masduki
komunitas Save Street Child Surabaya bersama anak jalan di Jl. Gemblongan No. 64 Surabaya. (Foto: Dok SSCS)

SURABAYA, iNews.id - Ditengah hiruk pikuk kota metropolitan Surabaya, masih ada para pemuda yang peduli terhadap nasib anak jalanan. Keberadaan para pemuda itu memberikan harapan dan secercah cahaya dibalik musamnya muka anak kurang beruntung tersebut.

Para pemuda yang tergabung dalam komunitas Save Street Child Surabaya (SSCS) itu turun langsung menyapa anak jalanan setiap hari Jumat. Mereka menamai aksinya dengan 'Jumat Sehat'.

Kegiatan yang SSCS lakukan cukup sederhana, namun cukup membuat anak-anak marjinal tersebut bahagia. Pada Jumat(14/01/2022), Jumat Sehat dilakukan di Jl. Gemblongan No. 64 Surabaya. Tepatnya di dalam Gang sebelah PLN Gemblongan.

Disana, Voluteer dari berbagai Devisi membagikan sekotak susu dan snack pada anak jalanaan. 

BACA JUGA:

Ini Wajah Baru Pengerak Save Street Child Surabaya

Humas SSCS Alfan mengatakan, Jumat Sehat diharapkan bisa memperbaiki Gizi dan kebutuhan Nutrisi dari para anak jalanan Surabaya. Kegiatan yang dimulai pukul 19.00 WIB tersebut ikuti sekitar 55 Anak Marjinal

"Rona gembira wajah mereka tidak dapat disembunyikan. Disana kita melakukan banyak kegiatan. Terutama kita saling berkenalan. Karena kita juga Volunteer yang baru bergabung di SSCS ini. Dengan berkenalan, kita juga mendapatkan data status pendidikan mereka,">

Naima, dari Devisi Program mengakui, bahwa dirinya tidak pernah menyangka di kota Surabaya ada kehidupan didalam perkampungan yang begitu padat dengan anak-anak kurang mampu. Bahkan awalnya para relawan sempat merasa gagap karena kaget.

"Dan ketika kita sampai disana mereka ceria banget, kayaknya emang sudah sedekat itu dengan SSCS. Kalo saya lihat, program ini bermanfaat sekali ya, mereka Excited sekali sama kegiatan dari SSCS ini. Bahkan ada yang bertanya ke saya, Jumat depan kesini lagi enggak?”, ungkapnya seraya menirukan celetukan anak jalanan.

Kata Naima, meski hanya berbagi sekotak suku dan terkesan hanya main-main, ternyata bisa membuat anak-anak ceria. Baginya, Jumat Sehat meski sederhana bisa memberikan psikologi yang bagus buat anak –anak dan orang tuanya. 

"Dilingkungan yang ada di pinggir seperti itu, kita tidak pernah tau, apakah mereka secara masyarakat diperhatikan oleh pemerintah, bahkan masyarakat lain?," terangnya. 

"Tapi dengan kehadiran Volunteer SSCS , anak-anak disana bisa merasakan rasanya diperhatikan," imbuhnya.

Tidak berhenti di Jumat Sehat, kedepan SSCS berencana membuat program belajar mengajar untuk anak-anak diwilayah tersebut. 

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang ingin berdonasi, SSCS menerima donasi dalam bentuk pakaian layak pakai, susu kemasan, buku, hinggauang tunai. Donasi dapat disalurkan ke No Rekening.1420099506197 An. Save Street Child Surabaya. Atau langsung ke Basecamp di Jl. Sibolga No. 4A, Surabaya.
 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network