Perempuan Cantik Ini Jadi Kebanggaan Banyuwangi, Lolos Final Duta Maritim Indonesia, Ini Sosoknya

Siswanto
Perempuan Cantik Ini Jadi Kebanggaan Banyuwangi, Lolos Final Duta Maritim Indonesia. Foto iNewsSurabaya/ist

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Remaja 17 tahun asal Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Nurillah Putri Maharani menjadi kebanggaan Banyuwangi. Ia menjadi satu-satunya yang lolos finalis Duta Maritim Indonesia dari Bumi Blambangan secara nasional, Rabu (9/8/2023). 

Wanita cantik ini, menjadi satu - satunya finalis dari Banyuwangi yang akan bertarung pada ajang pemilihan Duta Maritim tingkat Nasional, pada 11-17 Agustus 2023 di Jakarta. 

Duta Maritim digelar oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulaun dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) pada tahun ini di ikuti oleh 100 finalis se-Indonesia. Pemilihan Duta Maritim Indonesia ini, sudah masuk pada angkatan ke-3, tujuannya untuk menciptakan generasi muda sebagai penggerak dalam mengoptimalkan potensi maritim serta wisata bahari. 

Nurillah Putri Maharani mengatakan, sebelum lolos sebagai finalis Duta Maritim Indonesia, ia harus berjuang dan mengikuti sejumlah tahapan seleksi yang cukup ketat. 

"Seleksi yang dilakukan mulai administrasi, esai hingga membuat video blog potensi daerah masing-masing yang mencakup kemaritiman. Selain itu tahapan penentu yakni wawancara kemudian dinyatakan lolos finalis Duta Maritim Indonesia," ujarnya. 

Setelah dinyatakan lolos peserta finalis Duta Maritim Indonesia, perwakilan dari Banyuwangi, Jawa Timur langsung bergabung dengan 99 finalis lainya seluruh Indonesia di Jakarta. 

Peserta finalis Duta Maritim Indonesia tersebut akan mengikuti Sekolah Duta Maritim serta mendapat pembekalan dan pengalaman secara langsung oleh sejumlah Menteri, diantaranya Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Menparekraf Sandiaga Uno dan Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, terang Nuril. 

"Nuril menyampaikan pembuatan vidio vlog tersebut, membahas tentang pelabuhan perikanan Muncar, Banyuwangi itu merupakan pelabuhan terbesar di Pulau Jawa, tambahnya. 

Dibalik keindahan alam tersebut, Banyuwangi ternyata banyaj menyimpan potensi perikanan yang luar biasa, salah satunya di pelabuhan Muncar ini. 

"Apalagi menjadi sumber penghasil ikan terbesar nomor dua di Indonesia. Kami kira ini perlu di gaungkan terus menerus agar generasi muda dan bangga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. 

Selain itu, Banyuwangi merupakan Kabupaten terbesar di Pulau Jawa sekaligus memiliki garis pantai yang luas serta panjang. 

Tentu banyak sekali potensi Meritim ekonomi serta pariwisata yang dimiliki oleh Kabupaten Banyuwangi itu sendiri, terang Nuril. 

Maka potensi ini perlu didorong untuk di optimalkan serta dipromosikan terhadap masyarakat luas sebagai wujud memajukan masyarakat di pesisir. 

"Dengan melihat banyaknya potensi ini, kami berkeinginan untuk menjadi penggerak dan berperan aktif dalam memajukan pariwisata serta UMKM di Banyuwangi," jelasnya.  

"Nurillah Putri Maharani ingin, membangkitkan kesadaran generasi milenial untuk lebih mengenal isu Maritim Indonesia sebagai poros Maritim dunia melalui literasi Maritim serta promosi. 

Sedangkan kita sebagai generasi mudah dan calon penerus pemimpin bangsa, maka kita punta kuwajiban mengajak generasi milenial untuk mempromosikan Maritim kita," ungkap Nuril. 

Nurillah Putri Maharani yang baru lulus SMA Negeri 1 Cluring, Banyuwangi ini, sangat bangga sekali bisa mewakili Remaja Banyuwangi ajang Duta Maritim Indonesia tingkat Nasional," ucap Nuril mengakhiri ceritanya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network