Cerita Pasien BPJS Kesehatan di RS Siti Khodijah, Sempat Bingung tapi Takjub

Ali Masduki
Petugas di loket pendaftaran pasien BPJS di Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang. Foto/Ali

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Sudah tidak heran jika ada Pasien BPJS Kesehatan berkeluh kesah terhadap layanan rumah sakit. Masyarakat pengguna BPJS biasanya bakal merasakan betapa rumitnya proses dan tahapan pelayanan pengobatan. Hingga muncul istilah 'orang miskin dilarang sakit'.

Namun tidak disangka, ada salah satu rumah sakit yang peduli dan menepis kalimat, orang miskin dilarang sakit. Yakni Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur. Rumah sakit tipe B ini merupakan salah satu amal usaha kesehatan milik Persyarikatan Muhammadiyah.

Beberapa hari lalu, ada seorang Pasien BPJS Kesehatan yang berobat ke Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang. Pasien bernama Satria itu sempat bingung lantaran baru pertamakalinya ia menggunakan BPJS Kesehatan untuk berobat.

"Jujur ini pertamakali saya berkunjung ke RS Siti Khodijah. Saya kebingungan mas," ungkapnya.

Selama ini rupanya Satria banyak mendengar betapa rumitnya proses untuk mendapatkan layanan kesehatan menggunakan asuransi negara tersebut. 

"Karena baru pertama menggunakan rujukan, mungkin karena proses panjang dan tiap rumah sakit berbeda," kata dia.

Namun pemegang kartu BPJS Kesehatan ini lega ketika bertemu petugas di loket pendaftaran pasien BPJS. Ia disambut hangat dan ramah. 

Oleh petugas di loket 4, pria asal Porong Sidoarjo ini dijelaskan secara detail bagaimana alur pelayanan di Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang.

"Saya dijelaskan dengan detail untuk alur pelayanan disini. Terutama cara mendaftar online dengan aplikasi RS dan Mobile JKN yang ternyata sangat mudah. Petugasnya sangat sabar meskipun saya banyak bertanya, akhirnya saya dibuatkan nomor rekam medis," ungkapnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network