UWP Surabaya dapat Kepercayaan Belmawa DIKTI Angkat UMKM, Ini yang Dilakukan

Arif Ardliyanto
UWP Surabaya dapat Kepercayaan Belmawa DIKTI untuk Angkat UMKM. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Kepercayaan terhadap Universitas Wijaya Putra (UWP) Surabaya dari pemerintah mengalami peningkatan. Belmawa DIKTI (Pembelajaran dan Kemahasiswaan) Pendidikan Tinggi, Kemendikbud RI meminta pada Biro Pengembangan Karir, Penalaran dan Kewirausahaan Mahasiswa UWP untuk menjalankan Pengembangan Ekosistem Kewirausahaan untuk mahasiswa, dosen dan UMKM

Dengan program ini, diharapkan UMKM naik kelas karena ada pendampingan secara serius dari UWP. UMKM akan mendapat pendampingan dalam proses pengurusan legalitas usaha, Manajemen Keuangan UMKM, Sertifikat Halal, Pengurusan Pendaftaran PIRT dan Kunjungan Industri.

"Kami akan melakukan pendampingan pada UMKM. Kami ingin UMKM naik kelas,"  kata Nurleila Jum'ati, S.Psi, MM., M.Psi., Pendamping Program ini. 

Nurleila mengungkapkan, proses pendampingan terhadap UMKM telah dilakukan secara tertata, supaya hasil yang diperoleh maksimal. 

Berikut Proses Pendampingan yang Dilakukan UWP :

1) Pendampingan Pengurusan Legalitas Usaha dan Manajemen Keuangan dilakukan pada Minggu, 23 Juli 2023
2) Pendampingan Pengurusan Sertifikat Halal dan Pengurusan Pendaftaran PIRT Minggu, 6 Agustus 2023
3) Kunjungan Industri UMKM binaan UWP ke SKG (Surabaya Kriya Galeri) Siola dan UKM SELENDANG SEMANGGI. Kamis, 24 Agustus 2023

Sementara untuk rangkaian aktivitas pendampingan dan fasilitasi tersebut yaitu Pendampingan Pengurusan Legalitas Usaha, yaitu pembuatan NPWP dan NIB dengan Pemateri : Nur Aini Azizah, S. Ak., MM., dan Risca Ayu Rahmania, SE., MM., dengan hasil; 3 UMKM mempunyai NPWP - 15 UMKM mempunyai NIB, Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Keuangan UMKM dengan Pemateri : Yuli Ermawati, SE., M.Ak., Pendampingan Pengurusan Sertifikat Halal dengan Pemateri :  Erwan Aristyanto, SE., M.SEI ; 7 UMKM makanan minuman yang menunggu FATWA HALAL dari MUI dan 1 proses, Pendampingan Pengurusan PIRT dengan Pemateri : Nur Aini Azizah, S. Ak., MM., Hasil : 1 UMKM berproses untuk pendaftaran untuk PIRT dan 2 UMKM melengkapi syarat pendaftaran, dan Kunjungan Industri UMKM binaan UWP ke SKG (Surabaya Kriya Galeri) Siola diterima oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan, Nurul Fadhilah untuk mendapatkan kesempatan kurasi produk untuk masuk e-peken dan SKG Siola Pemkot Surabaya, serta Kunjungan industri ke UKM yang sudah masuk e-commerce dan produknya dikirimkan ke luar negeri, yaitu ke rumah Aminah owner produk SELENDANG SEMANGGI.

"Alhamdulillah output sudah kita capai, kami yakin UMKM naik kelas," ujarnya. 

Sementara UMKM yang terlibat dalam program ini adalah UMKM yang tergabung di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Sumber Jaya, Kelurahan Tambak Oso Wilangun, yang merupakan keluarga nelayan pengelola hasil tangkapan laut dan tambak pesisir barat Kota Surabaya, dengan produk : Kerupuk Payu, Terasi, Otak- otak bandeng, Cozy_Underwear : perdagangan kebutuhan pakaian dalam yang berdomisili di Surabaya, Rooftop Learning : jasa bimbingan belajar berdomisili di Gresik, AADC (Ada Apa Dengan Cookies) : Kue kering berbahan baku daun semangi yang berdomisili di Surabaya, Gudir_Dessert : kedai makanan Pawon 3dee berdomisili di Surabaya, Churros Buah : produksi dan penjualan yang berdomisili di Surabaya, Via Bakery : produsen kue yang berdomisili di Sidoarjo, Kedai Teh Jingkat yang berdomisili di Sidoarjo, Bunga Harum yang berdomisili di Gresik, dan UMKM yang baru akan membuat usaha

"Dengan pendampingan dan fasilitasi yang telah dilakukan maka diharapkan Usaha Mikro dan Usaha kecil akan naik kelas dan menopang hidup dan kehidupan bangsa dan bernegara," lapar Nurleila. 

Untuk tim yang terus melakukan pemantauan adalah Nurleila Jum'ati, S.Psi, MM., M.Psi., Hardo Wahyudi, ST., MM., Nur Aini Azizah, S. Ak., MM., dan Risca Ayu Rahmania, SE., MM., Dyah Puspita Indah Budi Sari Wulan, ST dan Faisal Fikri Nazarudin, dengan pengawasan dan didukung penuh dari Rektorat UWP Dr. Budi Endarto, SH., M.Hum (Rektor), Dr. Taufiqurrahman, SH., M.Hum., (Warek I), Dr. Esa Wahyu Endarti, SH., M.Si. (Warek II).

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network