SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Malaysia semakin agresif melakukan promosi wisata untuk menjaring pasar Indonesia. Salah satunya melalui Penang Global Tourism yang menggandeng Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo).
Penang Global Tourism dan Astindo menggelar roadshow Re-Experience Penang in the 6 Newest Ways atau enam cara terbaru untuk menikmati Penang di Surabaya. "Jumlah wisatawan Indonesia yang ke Penang sangat besar," kata Chief Executive Officer Penang Global Tourism, Ooi Chok Yan.
Hal itu terlihat dari frekuensi penerbangan langsung (direct flight) ke Penang yang cukup banyak. Per Juli 2023, tercatat ada 107 penerbangan dari Jakarta, Surabaya, Medan dan Banda Aceh. Sebanyak 76 penerbangan langsung per minggu dari dan ke Medan dilayani Air Asia, Lion Air, Citilink dan Firefly.
Kemudian 18 penerbangan langsung setiap minggunya dari dan ke Jakarta, yang dilayani Air Asia dan Batik Air. Juga 11 penerbangan langsung per minggu dari dan ke Banda Aceh diterbangi Firefly dan Batik Air, serta dua penerbangan langsung per minggu dari dan ke Surabaya, yang dilayani oleh Air Asia. "Dari Surabaya, meski hanya dua kali penerbangan per minggu tapi load factor (tingkat keterisian pesawat), mencapai 90 persen. Tentunya itu cukup besar," jelas Chok Yan.
Editor : Arif Ardliyanto
Artikel Terkait