Bahaya Metanol, Penyebab Grup Band Tewas Usai Pesta Miras di Cruz Lounge Bar Vasa Hotel Surabaya

Ali Masduki
Bartender Cruz Lounge Bar Vasa Hotel Surabaya ditetapkan sebagai tersangka kematian personel band. Setiap karafe yang disuguhkan ditambah dengan 100 mili metanol. Foto: Ilustrasi/Ali Masduki

SURABAYA, iNewsSurabaya.id -  Grup Band tewas usai pesta miras di Cruz Lounge Bar Vasa Hotel Surabaya membuat heboh masyarakat. Pasalnya, kasus tewas gara-gara nenggak miras di bar jarang terjadi. Kejadian nahas itupun menyisakan tanda tanya, terutama penyebab kematian persolen band tersebut.

Setelah dilakukan penyelidikan oleh aparat kepolisian dan uji laboratorium, akhirnya diketahui ternyata kematian personel band akibat miras yang diracik oleh bartender Cruz Lounge Bar Vasa Hotel Surabaya. 

Baca Juga :

Bartender Jadi Tersangka Kasus Tewasnya Tiga Personil Band di Vasa Hotel Surabaya Usai Minum Miras

Polisi pun menetapkan AJS (27), seorang bartender sebagai tersangka kasus minuman keras (miras) maut menewaskan tiga orang personil band. 

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Pasma Royce mengatakan, dari hasil penyelidikan Tim Jatanras Satreskrim Polrestabes Surabaya, diketahui tersangka menyediakan sembilan karafe miras. Oleh tersangka, setiap karafe ditambah dengan 100 mili metanol. 

"Metanol itu sendiri diperoleh secara online," katanya, Jumat (5/1/2024). 

Lantas apa sih metanol dan bahaya metanol jika di oplos dengan miras?

Diketahui, metanol adalah senyawa kimia dengan rumus CH3OH. Senyawa ini juga dikenal dengan sebutan metil alkohol atau alkohol kayu. Metanol biasanya berbentuk cairan tak berwarna, mudah terbakar, dan memiliki bau yang khas.
 
Metanol memiliki banyak aplikasi dalam industri. Beberapa di antaranya termasuk sebagai bahan baku untuk pembuatan formaldehida, asam asetat, dan berbagai produk kimia lainnya. 

Metanol juga digunakan sebagai pelarut dalam industri cat, tinta, dan perekat. Selain itu, metanol juga digunakan sebagai bahan bakar alternatif dalam mesin pembakaran internal.
 
Namun, penting untuk diingat bahwa metanol sangat beracun jika dikonsumsi. Konsumsi metanol dapat menyebabkan keracunan serius, bahkan kematian. Oleh karena itu, metanol harus ditangani dengan hati-hati dan hanya digunakan dalam lingkungan yang aman.

Keracunan Metanol 

Gejala keracunan metanol pada manusia dapat bervariasi tergantung pada tingkat paparan dan jumlah metanol yang masuk ke dalam tubuh. 

Beberapa gejala umum yang dapat muncul termasuk:
 
1. Sakit kepala

Gejala ini sering muncul sebagai salah satu tanda awal keracunan metanol. Sakit kepala dapat menjadi semakin parah seiring dengan peningkatan paparan metanol.

2. Mual dan muntah

Metanol dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan, yang dapat menyebabkan mual dan muntah.

3. Gangguan penglihatan

Salah satu gejala yang paling khas dari keracunan metanol adalah gangguan penglihatan. Pada tahap awal, penglihatan ganda atau kabur dapat terjadi. Namun, jika keracunan berlanjut, penglihatan dapat menjadi kabur atau hilang sepenuhnya.

4. Kelumpuhan

Keracunan metanol dapat menyebabkan kelumpuhan pada beberapa bagian tubuh, terutama pada ekstremitas atau wajah.

5. Gangguan pernapasan

Pada kasus keracunan metanol yang parah, seseorang dapat mengalami kesulitan bernapas atau gangguan pernapasan.

6. Koma

Jika keracunan metanol sangat parah, seseorang dapat jatuh ke dalam keadaan koma.
 
Penting untuk segera mencari bantuan medis jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami gejala keracunan metanol. Pengobatan dini dapat membantu mengurangi risiko dampak yang lebih serius. Untuk itu, jangan coba-coba pesta dengan miras oplosan.
 
 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network