Raih Peringkat 1 PTKIN Terbaik versi UniRank 2023, UINSA Jadi Pusat Unggulan Pendidikan Keagamaan

Arif Ardliyanto
Gedung UINSA Surabaya. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya meraih prestasi gemilang dengan menduduki peringkat 1 sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) terbaik di Indonesia versi Unirank 2023.

Menurut laman UniRank, pemeringkatan ini berasal dari 4 Internasional Colleges and Universities (4ICU), yang mencakup institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia. Kriteria yang diakui UniRank mencakup pengakuan resmi, lisensi, dan/atau akreditasi dari badan-badan nasional atau regional.

Rektor UINSA, Prof. Akh. Muzakki, Grad.Dip.SEA., menyatakan kebanggaannya atas capaian tersebut. "Ini adalah hasil kerja keras seluruh civitas akademika di UINSA. Kami terus berbenah untuk meningkatkan prestasi dan daya saing tidak hanya di tingkat nasional, tapi juga internasional," katanya.

Pemeringkatan UniRank didasarkan pada algoritma yang mencakup metrik web seperti Majestic Referring Domain, Peringkat Global Similarweb, Otoritas Domain Moz, dan Majestic Trust Flow. Prof. Muzakki berharap capaian ini menjadi pendorong untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di UINSA dan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan Indonesia.

Mengawali tahun 2024, alumnus The University Of Queensland Australia ini mengenalkan Tiga Resolusi penting yang disebut dengan Trisula Resolusi 2024. Terdiri dari Internasionalisasi, Hilirisasi Digital, dan Enterprising. 

Internasionalisasi ujarnya mencakup menjadikan UINSA berstandar internasional baik dalam layanan maupun mutu akademik. Kedua, terkait Hilirisasi Digital. Hal ini merupakan pengembangan dari proses digitalisasi yang telah dilakukan UINSA selama 2023 melalui My UINSA Super Apps. Tahun 2024, UINSA akan mulai melakukan integrasi dari seluruh proses layanan digital. 

"Saya harus memberikan disclaimer, ini tidak ada kaitannya dengan pilpres, karena ini konsep yang cukup lama sudah beredar terkait dengan kemajuan teknologi digital," tegas Prof. Muzakki. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network