Tingkatkan Siswa Aktif Belajar dengan Teknologi lewat Model Project Based Learning Metode Diskusi

Arif Ardliyanto
Tingkatkan Siswa Aktif Belajar dengan Teknologi Lewat Model Project Based Learning dan Pakai Metode Diskusi. Foto iNewsSurabaya/ist

Salah satu faktor yang akan dibahas selanjutnya yaitu proses pembelajaran. Dalam penelitian ini penulis mengangkat masalah pada proses pembelajaran, hal ini dikarenakan dalam proses pembelajaran terjadi proses tansformasi informasi serta pengetahuan dari guru kepada siswa. 

Penekanan pembelajaran tidak hanya sebatas pada upaya mencekoki siswa dengan sejumlah materi yang bersifat hafalan belaka, melainkan terletak pada upaya agar siswa mampu menjadikan pengetahuan yang telah dipelajarinya sebagai bekal dalam memahami dan ikut serta dalam hidup bermasyarakat di lingkungannya, serta sebagai bekal siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, atau bekerja sesuai kompetensi yang dimiliki, karena pada objek pada penelitian ini adalah siswa SMK. 


Tingkatkan Siswa Aktif Belajar dengan Teknologi Lewat Model Project Based Learning dan Pakai Metode Diskusi. Foto iNewsSurabaya/ist

Akan tetapi, kondisi belajar mengajar dewasa ini masih diwarnai oleh penekanan pada aspek pengetahuan atau hafalan saja dan tidak sedikit siswa yang kesulitan dalam mengikuti materi pada mata pelajaran karena metode pembelajaran yang dipilih guru kurang tepat sehingga mempengaruhi minat belajar siswa.

Siswa yang hanya menjadi objek pembelajaran (teacher  centered), kurang mendorong potensi siswa, kurang merangsang siswa untuk belajar mandiri, evaluasi hanya materi yang diajarkan, prestasi siswa masih kurang optimal dan pola interaksi searah.  

Oleh  karena  itu, rancangan pembelajaran hendaknya diarahkan dan difokuskan sesuai dengan kondisi pengembangan potensi siswa agar pembelajaran yang dilakukan benar-benar berguna dan bermanfaat bagi siswa. Selain itu proses pembelajaran dapat difokuskan atau berpusat ke siswa (student centered). Pembelajaran yang berpusat ke siswa juga dipengaruhi oleh minat belajar siswa. 

Minat belajar adalah kondisi seseorang dari aspek psikologis yang menunjukkan respon seperti gairah, keinginan, perasaan suka untuk melakukan proses perubahan tingkah laku melalui berbagai kegiatan yang meliputi mencari pengetahuan dan pengalaman atau mempraktikkan. 

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network