Kisah Ragnar Oratmangoen, Pemain Naturalisasi yang Miliki Impian Mulia untuk Indonesia

Arif Ardliyanto
Ragnar Oratmangoen, Pemain Naturalisasi yang Miliki Impian Mulia untuk Indonesia. Foto iNewsSurabaya/Okezone

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Ragnar Oratmangoen, nama yang mungkin belum begitu dikenal bagi banyak orang, namun kisahnya yang memilukan dan inspiratif telah menyentuh hati banyak orang. Seorang pemain sepak bola yang baru-baru ini menyampaikan keinginannya di hadapan DPR RI untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Ragnar, yang kini memperkuat Fortuna Sittard, memang bukan nama asing dalam jagat sepak bola Indonesia. Namun, proses naturalisasi yang dimulai pada tahun 2022 telah membuka lembaran baru dalam perjalanan hidupnya.

Dalam rapat kerja bersama Komisi X DPR RI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Ragnar dengan penuh semangat menyampaikan niatnya untuk menjadi bagian dari Indonesia. 

"Assalamualaikum, pertama-tama saya ingin menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas pertemuan ini. Saya harap saya bisa bergabung dengan komunitas sepak bola dan membantu mereka berkembang," ujarnya dengan penuh rasa hormat.

Namun, yang membuat keinginannya begitu luar biasa adalah alasannya. Ragnar tidak sekadar ingin menjadi WNI untuk alasan administratif, tetapi juga karena kecintaannya pada Indonesia, terutama karena mayoritas penduduknya beragama Islam. 

"Dan tentunya bagi saya sangat baik karena keluarga saya berasal dari sana, saya merasa seperti di rumah sendiri. Ketika saya melihat (sebuah) negara Muslim-nya yang besar, bagi saya itu sangat penting," jelasnya dengan tulus.

Dibalik permukaan seorang pemain sepak bola, Ragnar membawa harapan dan mimpi untuk berkontribusi dalam memajukan olahraga di Indonesia, sambil mengangkat nilai-nilai persatuan dan keberagaman. Dengan semangatnya yang menginspirasi, Ragnar Oratmangoen adalah contoh nyata bahwa impian besar dapat dicapai dengan tekad dan ketulusan.

Lebih lanjut, Ragnar menuturkan punya keinginan kuat memajukan sepakbola Indonesia meski sudah pensiun nanti. Ia ingin menjadi seorang WNI yang baik kelak.

"Saya ingin menjadi warga negara yang baik, membantu di lapangan, mungkin ketika saya berhenti bermain sepakbola saya bisa membantu anak-anak muda, membantu perkembangan sepakbola negara ini,” tandasnya.

DPR RI lantas menyetujui berkas naturalisasi Ragnar beserta Maarten Paes, Thom Haye, dan Nathan Tjoe-A-On. Mereka tinggal menjalani proses pengambilan sumpah WNI dan perpindahan federasi sebelumnya bisa memperkuat Timnas Indonesia.

Itu tadi kisah haru Ragnar Oratmangoen, pemain naturalisasi baru yang ingin jadi WNI karena penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam. Semoga informasi itu berguna untuk pembaca sekalian.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network