Ketua Partai Gerindra Jatim Cocok Dampingi Khofifah di Pilgub Jatim 2024, Calon Lain Minggir Dulu!

Lukman Hakim
Ketua Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Perolehan kursi Partai Gerindra di tingkat DPRD kabupaten/kota, DPRD provinsi, dan DPR RI dari Jawa Timur (Jatim) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 mencatatkan tren positif.

Untuk kursi DPRD kabupaten/kota, kursi Gerindra di Pileg 2019 sebanyak 189 kursi. Sementara di Pileg 2024 ini, kursi Gerindra di DPRD kabupaten/kota naik menjadi 218 kursi. Sedangkan di tingkat provinsi, naik 40 persen. Pada Pileg 2019 lalu, Gerindra memperoleh 15 kursi DPRD Jatim. 

Lalu di Pileg 2024 ini, kursi Gerindra naik menjadi 21 di DPRD Jatim. Di tingkatan DPR RI di Jatim, pada Pileg 2019 lalu sebanyak 11. Kini, naik 2 kursi di Pileg 2024 menjadi 13 kursi. 

Peningkatan perolehan kursi tersebut membuka peluang bagi Ketua Partai Gerindra Jatim, Anwar Sadad untuk maju menjadi Calon Gubernur (Cagub) Jatim 2024. 

Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis peta terbaru elektabilitas sejumlah nama yang digadang-gadang maju di Pilgub Jatim 2024.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut adanya tren kenaikan elektabilitas sejumlah ketua partai politik di Jatim yang masuk bursa Pilgub Jatim 2024. Salah satunya ialah Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad.

Baihaki menyebut Keluarga Ponpes Sidogiri ini memiliki popularitas tinggi di wilayah Tapal Kuda, Madura termasuk di pesantren-pesantren NU.

"Anwar Sadad sangat populer di kalangan santri. Tidak heran untuk kategori top of mind, Anwar Sadad menyentuh angka 9,5 persen," jelas Baihaki saat paparan di Surabaya, Rabu (27/3/2024).

Menurut Baihaki, elektabilitas Sadad sebagai Cagub Jatim terkerek naik usai kesuksesan Gerindra Jatim baik di pilpres maupun pileg.

"Sadad ini termasuk ketua partai dengan gerakan dan program terbanyak. Tidak berhenti sampai pileg dan pilpres, Sadad saat ini masih sangat rutin turun ke masyarakat, termasuk saat ini membuat gerakan untuk menemui anak muda. Tentu saya kira Sadad cek ombak untuk Pilgub Jatim 2024," jelasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network