Sarmuji Miliki Peluang Dampingi Khofifah Pilgub Jatim, Posisi Emil Terancam, Ini Hitung-Hitungannya

Lukman Hakim
Khofifah Indar Parawansa dan Sarmuji. Foto iNewsSurabaya/tangkap layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Sikap politik Khofifah Indar Parawansa yang belum menemukan pendampingnya dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur memunculkan banyak spekulasi. Terbaru, sosok yang berpeluang mendampingi Khofifah adalah Sarmuji, Ketua DPD Golkar Jawa Timur. 

Munculnya nama Sarmuji membuat posisi Emil Elestianto Dardak sebagai cawagub ketat ketir. Ia bisa tergeser jika tidak segera mendapatkan kepastian dari Khofifah untuk bergandengan tangan memimpin Jawa Timur kedepan. 

Direktur Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI), Baihaki Siratj menyikapi situasi politik Jatim kekinian. "Semua pimpinan partai di Jatim yang telah memberikan rekom ke ibu Khofifah memiliki peluang yang sama untuk digandeng sebagai cawagub," kata Baihaki dikonfirmasi, Rabu, (1/5/2024).

Menurut Baihaki, semua kemungkinan masih bisa terjadi, termasuk skema Khofifah akan menggandeng ketua DPD Partai Golkar Jatim, M. Sarmuji, atau nama-nama lain yang sempat mengemuka.

"Jika nama mas Emil tidak ada titik temu di internal koalisi, bisa Jadi bu Khofifah akan menggandeng nama lain, itu sangat realistis karena politik itu seni kompromi," jelasnya.

Seperti diketahui, dalam survei ARCI terbaru, kategori top of mind Cagub Jatim 2024, Khofifah berada di angka 39,2%. Kemudian ada nama Wagub Jatim 2019-2024 Emil Elestianto Dardak di angka 16,7%. Selanjutnya ada nama Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad di angka 9,5%.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network