Wali Kota Tak Harmonis dengan NU Surabaya Sejak Lama, Hanya Dua Kali Datangi Acara, Ada Apa?

Arif Ardliyanto
Moch. Syafiudin, Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Surabaya Periode 2023-2024. Foto iNewsSurabaya/arif

SURABAYA, iNewsSurabaya.id – Perselisihan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi dan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya telah terjadi sejak lama. Tahun 2023 hingga 2024, Eri tercatat sebagai pengurus NU Surabaya, namun ia jarang sekali mendatangi acara-acara yang dilaksanakan Nahdlatul Ulama.

Selama menjabat sebagai salah satu pengurus NU Surabaya, tercatat Eri Cahyadi menghadiri acara resmi selama dua kali. Acara tersebut berkaitan dengan Hari Santri yang difokuskan di Kota Surabaya. Event ini dihadiri Presiden RI, Joko widodo atau Jokowi. Kemudian acara kedua adalah diskusi kebangsaan atau Sarasehan Sejarah yang dilaksanakan di Hotel Majapahit, Surabaya. 

“Kurang lebih ada dua kali acara yang dihadiri Pak Wali (Wali Kota Surabaya) selama menjadi pengurus PCNU,” kata Moch. Syafiudin, Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Surabaya Periode 2023-2024.

Setelah acara tersebut, tercatat Eri tidak pernah mendatangi acara-acara yang digelar PCNU Surabaya. Padahal banyak acara-acara yang dilaksanakan Nahdhatul Ulama, NU juga telah mengundang Wali Kota secara resmi melalui surat bahkan pemberitahuan tak resmi melalui telpon. Sayang, pemberitahuan NU tidak ditanggapinya.

Persoalan tersebut disinyalir bakal semakin runcing, pasalnya NU akan menentukan sikap atas kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Eri. NU telah memiliki banyak catatan atas kepemimpinan Eri Cahyadi selama memimpin Kota Pahlawan.

Sebagaimana diketahui, perselisihan Eri Cahyadi dan NU Surabaya memuncak lantaran Wali Kota lebih memilih menghadiri acara LAZISMU Muhammadiyah dibanding acara Halal Bihalal yang digelar PCNU Surabaya. NU merasa diabaikan, karena undangan resmi telah dilayangkan namun Eri tidak memberikan respon baik.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network