Pendidik Sekolah Cikal Ungkap Waktu dan Alasan Tepat Tumbuhkan Kemandirian Anak

Ali Masduki
Mengajarkan kemandirian pada anak bisa dimulai saat anak sejak dini. Foto/Dok Sekolah Cikal

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Pendidik Sekolah Cikal Bandung, Dwi Ayun Pratiwi atau yang akrab disapa Ayun, mengungkapkan bahwa menumbuhkan kompetensi mandiri untuk menghadapi segala tantangan di masa kini menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh orang tua agar dapat terbiasa tumbuh bergerak, hingga berdaya atas dirinya sendiri untuk memecahkan berbagai masalah di perjalanan pengembangan dirinya.
 
Ayun menyebutkan bahwa menumbuhkan kompetisi mandiri dalam diri anak sangat penting dibangun sedini mungkin, karena akan berkaitan erat dengan perkembangan rasa tanggung jawab, kemampuan mengelola emosi, dan berinteraksi dengan orang lain. 

Ia bilang, kemandirian penting untuk tumbuh kembang anak karena dengan ia belajar mandiri anak akan dikenalkan dengan tanggung jawab, cara ia mengambil keputusan, mengolah emosi serta berinteraksi dan dengan orang lain. 

"Ketika anak-anak telah terbiasa diberi ruang untuk menjadi individu yang mandiri, maka seiring waktu akan muncul dalam dirinya rasa kepercayaan diri bahwa ia mampu melakukan tugas dan tanggung jawabnya," tutur pendidik yang mengajar di kelas 1 SD Cikal Bandung ini.

Menumbuhkan kemandirian sejak dini pada anak, menurut Dwi, bukan berarti mewajibkan anak sejak kecil melakukan apapun sendiri, melainkan menumbuhkan kompetensi itu secara perlahan di setiap fase tumbuh kembangnya. 

“Mengajarkan kemandirian pada anak bisa dimulai saat anak sejak dini, namun yang perlu diingat bahwa kemandirian yang kita ajarkan harus sesuai dengan usia anak. Misalnya, pada usia anak mencapai empat tahun berikan kepercayaan pada anak untuk memilih baju mana yang akan dipakai. Pada usia lima tahun latih anak untuk belajar memakai sepatu sendiri,” tegasnya.

Editor : Ali Masduki

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network