Kisah Pengorbanan Maarten Paes yang Terabaikan, Tak Masuk Daftar Pemain di Kualifikasi Piala Dunia !

Arif Ardliyanto
Pengorbanan Maarten Paes yang Terabaikan. Foto iNewsSurabaya/Okezone

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Maarten Paes, kiper andalan yang telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI), harus menunda impiannya membela Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae-yong memutuskan untuk tidak memasukkan namanya dalam daftar 22 pemain yang akan berlaga melawan Irak dan Filipina dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Kabar ini tentu mengejutkan banyak pencinta sepakbola di Tanah Air, yang telah menantikan aksi Paes di bawah mistar gawang Timnas Indonesia. Dalam sebuah postingan eksklusif di Instagram Stories berlangganan, Paes mengungkapkan kekecewaannya. 

"Sayangnya bulan Juni akan segera tiba. Saya akan melakukan segala daya agar dapat bermain untuk Garuda secepatnya," tulisnya pada Jumat (17/5/2024).

Meski telah resmi menjadi WNI, Paes belum bisa langsung memperkuat Timnas Indonesia. Kendalanya terletak pada proses perpindahan federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI), yang mungkin harus melalui Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). 

Aturan FIFA menyebutkan bahwa pemain boleh berganti tim nasional berbeda jika berusia di bawah 21 tahun saat terakhir kali membela tim junior maupun senior di pertandingan resmi. Namun, Paes, yang kini berusia 26 tahun, sempat bermain untuk Timnas Belanda U-21 saat berumur 22 tahun di Kualifikasi Piala Eropa U-21 2021. 

Shin Tae-yong masih menyimpan harapan besar agar Paes bisa segera bergabung. Terbukti, dari 22 nama yang dipanggil, hanya ada dua kiper yang masuk dalam skuad, berbeda dari kebiasaan STY yang selalu memanggil tiga kiper. Hal ini mengindikasikan bahwa STY berharap proses naturalisasi Paes segera rampung.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network