Kisah Mbah Imam, Jemaah Haji Usia 100 Tahun dari Pasuruan, Jalannya Masih Tegak dan Kuat

Lukman Hakim
Mbah Imam, Jemaah Haji Usia 100 Tahun dari Pasuruan. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Imam Kartam Taselim (100), merasa bersyukur karena tahun 2024 ini, ia mendapat panggilan menjadi tamu Allah SWT ke tanah suci.

Mbah Imam, panggilan akrabnya, merupakan jemaah haji tertua di Kabupaten Pasuruan tahun 2024 ini.  Ia menceritakan pertama kali mendaftar haji pada tahun 2018, ketika dia berusia sekitar 94 tahun. 

“Sebenarnya keinginan berhaji sudah ada sejak lama. Namun karena keterbatasan keuangan, pada tahun 2018 itu saya baru bisa mendaftar,” kenangnya, Rabu (22/5/2024).

Ia melanjutkan, pada tahun itu ia mendaftar dengan uang tabungan yang ia miliki, akan tetapi itupun belum mencukupi. “Alhamdulillah saya dibantu anak saya sehingga bisa mendaftar haji,” tuturnya.

Sebagai orang tua yang memiliki banyak anak, Imam tentu lebih mengutamakan kebutuhan anak-anaknya. 
“Kalau sekarang anak saya yang masih hidup ada empat, yang lain sudah meninggal. Sebagai orang tua, meskipun ingin sekali mendaftar haji. tetapi saat itu anak-anak juga memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi,” tuturnya.

Pria asal Kabupaten Pasuruan ini menjelaskan jika sejatinya ia mendapat panggilan berangkat haji pada 2020. “Saat itu saya mendapat kuota prioritas lansia sehingga cepat mendapat panggilan haji, namun ternyata tidak jadi berangkat karena ada pandemi Covid-19,” jelasnya. 

“Setelah tertunda 4 tahun, Alhamdulillah saya tahun ini bisa berangkat bersama anak saya,” imbuhnya penuh rasa syukur.

Untuk persiapan kondisi fisik menjelang berangkat haji, Mbah Imam mengaku tidak ada persiapan khusus. “Saya sudah terbiasa berjalan kaki. Setiap hari saya ke sawah, ya meskipun cuma mengawasi saja di sana,” terangnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network