BPA Ungkap Peran Pialang Asuransi dalam Program Employee Benefit

Ali Masduki
Direktur Utama BPA, M.K. Rangganata (kiri) dan Employee Benefit Leader BPA, Dede Hikmat Adhari. Foto/Dok BPA

JAKARTA, iNewsSurabaya.id - Dalam menghadapi tantangan yang terus berkembang dalam biaya perawatan kesehatan karyawan, peran jasa pialang dan konsultasi asuransi menjadi krusial. 

PT Barron Pandu Abadi (BPA Insurance Broker) memahami bahwa untuk mengelola manfaat karyawan dengan efektif, perusahaan membutuhkan akses kepada produk-produk asuransi yang tepat dalam mendukung program kesejahteraan karyawan atau employee benefit. 

Mengacu pada laporan terbaru Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), klaim asuransi kesehatan mengalami peningkatan signifikan sepanjang tahun 2023. 

Tercatat, total klaim asuransi kesehatan sebesar Rp 20,83 triliun hingga Desember 2023 atau melonjak 24,9 persen dari tahun sebelumnya. 

Faktor utama pendorongnya adalah inflasi medis yang tinggi, meliputi harga fasilitas kesehatan, biaya perawatan rumah sakit termasuk biaya pelayanan, obat dan berbagai tes kesehatan.

Direktur Utama BPA, M.K. Rangganata, menyoroti pentingnya pengendalian biaya perawatan kesehatan, khususnya asuransi kesehatan pekerja yang menjadi tanggungan perusahaan. 

Dalam konteks ini, BPA terus memperkuat posisinya dengan memberikan solusi asuransi kesehatan karyawan yang relevan, mengintegrasikan teknologi terbaru, dan beradaptasi dengan disrupsi di sektor kesehatan.

"Kami memahami bahwa untuk tetap menjadi mitra yang efektif bagi perusahaan dan karyawan, kami harus terus berinovasi dan menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi. Kami berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam teknologi terbaru dan proses yang efisien untuk memberikan layanan terbaik. Dengan cara ini, kami dapat membantu perusahaan mengelola biaya kesehatan yang semakin tinggi sambil memastikan kesejahteraan karyawan tetap menjadi prioritas," ungkap Rangganata di Jakarta, Senin (27/5/2024).

Salah satu contoh inovasi yang diterapkan oleh BPA adalah solusi serta layanan (pra dan pasca) employee benefit berbasis digital, mencakup komparasi proposal, pengecekan manfaat dan budget serta pengecekan manfaat polis. 

Tujuannya agar program asuransi yang ditawarkan sangat bersaing dan kompetitif baik dari segi harga maupun kualitas. 

Bahkan, pengajuan dan pelacakan klaim juga bisa dilakukan secara digital, sehingga klaim bisa diproses dengan tepat dan transparan.

Employee Benefit Leader BPA, Dede Hikmat Adhari menambahkan, pihaknya juga memperluas jangkauan produk asuransi untuk mencakup berbagai jenis perusahaan, termasuk asuransi kesehatan kumpulan bagi usaha kecil dan mikro (small and medium enterprises/ SME), yang bisa memberi manfaat pertanggungan mulai dari tiga karyawan dalam perusahaan. 

"Selain itu, kami juga menyediakan berbagai produk asuransi lain seperti asuransi kendaraan bermotor, perjalanan, properti hingga dana pensiun. Kami memastikan bahwa produk-produk ini dirancang sesuai dengan kebutuhan, sehingga memberikan perlindungan yang komprehensif," terangnya.

BPA saat ini dipercaya untuk membantu program employee benefit bagi lebih dari 250 nasabah korporasi, yang mencakup lebih dari 18 ribu karyawan dan peserta. 

Perusahaan yang menjadi rekanan BPA datang dari lini bisnis atau industri yang berbeda-beda, beberapa di antaranya yakni perusahaan pertanian dan pangan multinasional dengan premi lebih dari Rp 15 miliar, perusahaan media, minyak dan gas, pertambangan, manufaktur, penerbangan hingga perbankan. 

Untuk memberikan manfaat asuransi terbaik sesuai dengan kebutuhan, BPA bekerja sama dengan lebih dari 40 perusahaan asuransi nasional dan internasional.

Sebagai informasi, PT Barron Pandu Abadi (BPA Insurance Broker) mulai beroperasi pada tahun 2014, berfokus pada penyediaan jasa pialang dan konsultasi asuransi. 

BPA telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai broker asuransi dan juga bekerja sama dengan perusahaan asuransi terkemuka di Indonesia, serta didukung oleh tenaga profesional yang berpengalaman di bidangnya.

BPA memiliki misi untuk menjadi penyedia layanan one stop solution dan menjadi prioritas utama BPA dalam memberikan keunggulan layanan kepada mitra bisnis BPA

Selain itu, BPA telah mengoptimalkan lini layanannya yang signifikan melalui jaringan korporatnya untuk melayani mitra bisnis dengan layanan konsultasi employee benefit dan layanan pialang asuransi. 

BPA berkomitmen kepada mitra bisnis untuk bersama-sama menjadi perusahaan terkemuka yang sukses, mandiri, dan terpercaya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network