Atlet ASEAN University Games 2024 Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

Ali Masduki
Penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis untuk para atlet 21th ASEAN University Games (AUG) 2024. Foto/Ali Masduki

SURABAYA, iNews.id – BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa memberikan perlindungan untuk para atlet 21th ASEAN University Games (AUG) 2024.

Atlet dari Indonesia, Thailand, Singapore, Brunei Darussalam, Timor Leste dan Myanmar dalam kejuaraan tersebut terlindungi Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) BPJS Ketenagakerjaan. 

AUG merupakan ajang internasional level ASEAN yang digelar untuk kompetisi antar universitas atau institut di bidang prestasi olahraga diikuti perwakilan dari 11 negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN) mulai 25 Juni hingga 6 Juli di Surabaya dan Malang. Total ada 21 cabang olahraga yang dipertandingkan pada AUG ke-21.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa, Adventus Edison Souhuwat, mengapresiasi panitia dalam melindungi para atlet dengan mendaftarkan atlet 21th ASEAN University Games (AUG) 2024 menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan selama kejuaraan berlangsung.

Sonny panggilan akrab Adventus Edison Souhuwat mengatakan para atlet memang harus terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan supaya merasa aman dan optimal saat berlaga. 

"Karena atlet adalah bagian dari profesi, maka ketika terjadi kecelakaan karena latihan atau pertandingan harus di-cover tanpa batas biaya sampai sembuh. Kita tahu risiko olahragawan, risikonya tinggi, harus cepat pulih, sehingga membutuhkan penanganan terbaik. Di situlah BPJS Ketenagakerjaan hadir," ujar Sonny.

Sonny berharap dengan adanya jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan para atlet dalam kejuaraan 21th ASEAN University Games (AUG) 2024 dapat berlaga secara maksimal dan meraih hasil terbaik tanpa harus khawatir akan resiko. 

"Semoga hasil terbaik didapatkan para atlet. Biarkan mereka fokus ke pertandingan tanpa memikirkan resiko," ucap Sonny.   

Selain itu juga 10 Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan sudah dikoordinasikan untuk memberikan pelayanan prima atau penanganan kepada atlet jika terdapat resiko saat berangkat dari tempat tinggal,  dalam pertandingan, dan pulang ke tempat tinggal di dua kota pertandingan di Surabaya dan Malang. 

Di antaranya Brimedika Hospital, Rumah Sakit Universitas Brawijaya, Rumah Sakit Hermina, Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang, Rumah Sakit Islam Unisma, Rumah Sakit Umum BDH, Rumah Sakit UNAIR, RSUD Dr. Soetomo dan Rumah Sakit Ubaya.

Penyerahan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis diberikan langsung oleh Faridah Hanum selaku Kepala Bidang Kepesertaan Institusi dan Korporasi BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa, kepada perwakilan official pada Kamis (27/6) pagi di tempat kegiatan berlangsung di International Basketball Arena Unesa, Surabaya.

Adapun perwakilan penerima simbolis KPJ BPJamsostek adalah dari Official Team Timor Leste Mr Zef Tilman, Official Team Myanmar Mr. Kyaw San Oo dan Official Team Brunei Mr Ali, dan panitia dari AUG Indonesia diwakili dr. Nurshanti Pembayun.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network