Jelang Kongres, Bacaketum PP IKA ITS Ingatkan Pentingnya Hal Ini!

Ali Masduki
Wiluyo Kusdwiharto, Ketua PW IKA ITS Jakarta Raya sekaligus bacaketum PP IKA ITS. Foto/Tangkapan Layar

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Jelang Kongres Ikatan Alumni ITS Surabaya (IKA ITS) yang menjadi ajang perebutan posisi Ketua Umum PP IKA ITS, Komisi Pemilihan Umum (KPU) IKA ITS kembali menyelenggarakan kampanye bersama Bacaketum IKA ITS. 

Bekerja sama dengan Pengurus Wilayah (PW) IKA ITS Kepulauan Riau, panitia menyelenggarakan kampanye dalam rangkaian kegiatan Seminar Nasional bertema “Mewujudkan Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia” yang turut dihadiri Rektor ITS Bambang Pramudjati. 

Dalam kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (29/6) silam, Ketua PW IKA ITS Jakarta Raya, Wiluyo Kusdwiharto sebagai salah satu bacaketum PP IKA ITS kembali menegaskan pentingnya kontribusi alumni terhadap perkembangan kampus. 

“Alumni memiliki peran strategis yang berfungsi untuk menghubungkan kampus yakni ITS dengan seluruh stakeholder mereka, sehingga perlu penguatan internal antar alumni dan eksternal alumni,” kata Wiluyo. 

Beberapa program yang diusung dalam upaya merealisasikan fungsi alumni sebagai integrator diantaranya adalah business dan executive forum. 

“Memahami betapa alumni ini memiliki peran yang strategis, maka kampus juga perlu mengoptimalkan alumninya agar terjadi simbiosis mutualisme antara IKA ITS dan kampus ITS, alumni menjadi jembatan atau penghubung kampus dengan stakeholder,” tambahnya.

Lebih lanjut Wiluyo menegaskan bahwa sebagai bacaketum, ia mendorong agar IKA ITS menjadi wadah alumni yang berperan aktif untuk kemajuan ITS dan alumninya. 

“IKA ITS ini merupakan wadah alumni yang geraknya aktif, sehingga untuk mendorong kemajuan ITS dan alumninya perlu terus dilakukan tukar pikiran, inkubator ide, dan komunikasi,” tuturnya. 

Hal dasar yang perlu diperkuat sebelum menyiapkan program turunan adalah penguatan basis data alumni. 

“Database alumni menjadi dasar dalam upaya pengembangan peran IKA ITS untuk alumni dan kampus, bersyukurnya IKA ITS sudah memiliki MIDA yang menjadi data awal,” kata WIluyo. 

Selanjutnya, Wiluyo menawarkan program “5C” agar peran IKA ITS semakin kuat. “Kami mendorong agar IKA ITS dapat mengupayakan country next level, community next level, campus next level, career next level,  dan connecting in business next level,” ujarnya.

Wiluyo berharap pesta demokrasi alumni pada Kongres IKA ITS yang sudah semakin dekat dapat makin memperkuat komunikasi antar alumni dan menjadi momen komitmen alumni untuk lebih berkontribusi kepada almamater ITS.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network