Upaya Inovatif Rutan Perempuan Surabaya, Tingkatkan Layanan Kesehatan dan Bentuk Kader Khusus

Arif Ardliyanto
Tingkatkan Layanan Kesehatan Rutan Perempuan Surabaya Bentuk Kader Khusus kesehatan. Foto iNewsSurabaya/dok kemenkumham jatim

SIDOARJO, iNewsSurabaya.id - Kanwil Kemenkumham Jatim menciptakan gebrakan baru dengan mengadakan pelatihan keterampilan kesehatan bagi warga binaan di Rutan Perempuan IIA Surabaya, Porong, Sidoarjo, Selasa (2/7). Program ini tak hanya mempersiapkan mereka menghadapi dunia luar setelah bebas nanti, tetapi juga menjadi langkah strategis dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan di rutan yang dipimpin oleh Amiek Diyah Ambarwati.

"Pelatihan awal ini diikuti oleh tiga warga binaan yang dipilih untuk dibekali kemampuan dasar dalam mendukung tugas petugas medis di rutan," ujar Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono.

Sebelumnya, poliklinik rutan telah membuka kesempatan bagi warga binaan yang berminat menjadi kader kesehatan. Respons yang diterima sangat positif, menunjukkan tingginya minat warga binaan terhadap program ini.

"Setelah seleksi ketat berdasarkan asesmen risiko dan kebutuhan, akhirnya tiga warga binaan terpilih untuk menjadi kader kesehatan," jelas Heni.

Dokter Rutan Perempuan Surabaya, Yenny Sulistyowati, menekankan bahwa kehadiran kader kesehatan ini merupakan langkah awal yang signifikan dalam optimalisasi layanan kesehatan di tengah bertambahnya jumlah warga binaan.

"Sebagai perpanjangan tangan tenaga medis, para kader diharapkan mampu membantu menjangkau warga binaan yang memerlukan penanganan medis serta berperan aktif dalam kegiatan layanan kesehatan," ungkap Yenny.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network