Kisah Haru Jemaah Haji Asal Jombang, Tertinggal di Makkah dan Berjuang untuk Pulang ke Indonesia

Zainul Arifin
Jemaah Haji Asal Jombang mulai berdatangan. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - Muhammad Chisom Sali Amirjo, jemaah haji asal Kabupaten Jombang, masih tertahan di Tanah Suci Makkah. Pria ini harus menjalani perawatan medis setelah mengalami serangan jantung dan pneumonia. Meski demikian, harapan dan doa terus mengalir untuk kesembuhannya agar bisa segera kembali ke tanah air.

"Kita doakan mudah-mudahan beliau lekas sehat dan layak terbang," ungkap Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang, Muhajir, pada Kamis (11/7/2024).

Muhammad Chisom, warga Dusun Sambisari, Desa Sambirejo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, saat ini dirawat intensif di RS Madinah. Dokter maskapai terus memantau kondisinya untuk memastikan kapan dia bisa terbang pulang ke Indonesia.

Total ada 1.163 jemaah haji asal Kabupaten Jombang pada tahun 2024. Sebagian besar dari mereka sudah kembali dengan selamat ke tanah air, tiba di pendopo kabupaten pada 9 dan 10 Juli 2024.

Namun, tidak semua cerita berakhir bahagia. Dari 1.168 jemaah haji reguler, 1.163 telah kembali, sementara empat lainnya meninggal dunia selama menjalankan ibadah haji. Mereka yang telah berpulang adalah Dewi Aminah Solikin (86), Saeman Tarban (72), Djafar Achmad Sofyan (77), dan Sukirah (62). Masing-masing meninggal dunia akibat berbagai kondisi kesehatan.

Kisah Muhammad Chisom menjadi pengingat akan tantangan dan risiko yang dihadapi para jemaah haji. Di tengah rasa duka dan keprihatinan, solidaritas dan doa dari tanah air terus mengiringi perjuangan Muhammad Chisom untuk bisa kembali ke rumah.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network