Ia juga menekankan bahwa 99% kegiatan bisnis di Indonesia dilakukan oleh UMKM, yang juga berperan besar dalam penyerapan tenaga kerja.
PosAja! UMKM Fest 2024 diinisiasi oleh PosIND dan memadukan berbagai aktivitas seperti workshop, bazar, dan hiburan. Produk-produk unggulan UMKM seperti makanan dan minuman, fashion, kerajinan, dan aksesoris dipamerkan di sini. Dengan adanya workshop dan gerakan cinta produk lokal, diharapkan UMKM dapat meningkatkan kapasitas usahanya dan memperkuat perekonomian daerah.
Direktur Bisnis Kurir dan Logistik Pos Indonesia, Tonggo Marbun, menegaskan bahwa festival ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM dan masyarakat umum mengenai kebijakan pemerintah terhadap UMKM. “Kami berharap pelaku UMKM yang belum paham legalitas usaha dan membutuhkan informasi kebijakan pemerintah dapat menemukan jawabannya di festival ini, sehingga mereka bisa naik kelas dan go global,” jelas Tonggo.
Director of Business Partnership Shopee Indonesia, Daniel Minardi, membagikan strategi sukses berjualan di Shopee, mulai dari membuat deskripsi produk yang lengkap hingga tips berjualan online yang efektif. Shopee juga berkomitmen membantu UMKM menjual produknya hingga ke mancanegara melalui Program Ekspor Shopee.
Sementara itu, CEO Jakcloth, Ruddy Lasut, memaparkan strategi menarik investor. Ia menekankan pentingnya proposal bisnis yang menarik, identifikasi investor yang tepat, dan membangun hubungan baik dengan investor sebagai kunci sukses mendapatkan modal tambahan.
Editor : Arif Ardliyanto
Artikel Terkait