Manfaatkan Limbah Kelapa, Mahasiswa Untag Hasilkan Kerajinan Bernilai Ekonomi

Redaksi
Sub Kelompok 4 KKN Untag Surabaya berinisiatif untuk mengolah limbah batok kelapa menjadi kerajinan asbak dan mangkok. Foto: Deva Ayu

MOJOKERTO, iNewsSurabaya.id - Kreativitas mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Untag) patut diapresiasi. Dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Bening, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto, mereka mengubah limbah batok kelapa menjadi kerajinan yang dapat menghasilkan pundi rupiah.

Sub Kelompok 4 KKN Untag Surabaya yang terdiri dari Abyudaya Nechallino, Deva Ayu, dan Muhammad Dafa Ramadhan berinisiatif untuk membantu Kurnia, salah satu pemilik UMKM Kue Sagon di Dusun Boyo Desa Bening, dalam mengolah limbah batok kelapa menjadi kerajinan asbak dan mangkok. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 10 hingga 21 Juli 2024.

Pelatihan dilakukan di kediaman Kurnia dengan tujuan agar dirinya beserta dua staf produksi sagon dapat melakukan kegiatan membuat kerajinan batok kelapa di sela-sela waktu produksi. Hal ini diharapkan dapat menciptakan peluang keuntungan dan ekonomi hijau.

Kurnia selaku pemilik UMKM Kue Sagon mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN Untag Surabaya atas bantuan mereka dalam menciptakan inovasi produk baru pada bisnis UMKM Kue Sagon. "Sebelumnya, kami tidak terpikir untuk memanfaatkan limbah batok kelapa. Biasanya, limbah tersebut hanya dibakar," ujar Kurnia.

Kegiatan KKN ini tidak hanya membantu Kurnia dalam meningkatkan usahanya, tetapi juga memberikan edukasi tentang pemanfaatan limbah dan potensi ekonomi dari kerajinan batok kelapa. Hal ini diharapkan dapat menginspirasi masyarakat Desa Bening untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Penulis: Deva Ayu Nur Pancaningrum

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network