Pelepasan Tukik Jadi Cara Masa Pengenalan Lingkungan di SAIQ Al Hikmah, Bentuk Generasi Pecinta Alam

Arif Ardliyanto
Pelepasan Tukik Jadi Cara Masa Pengenalan Lingkungan di SAIQ Al Hikmah. Foto iNewsSurabaya/ist

BANYUWANGI, iNewsSurabaya.id - Masa Pengenalan Lingkungan (MPLS) tahun ajaran baru 2024-2025 di Sekolah Alam Insan Qur'ani (SAIQ) Al Hikmah, Muncar Banyuwangi, berlangsung dengan penuh semangat. Sekolah ini mengadakan kegiatan pelepasan anak penyu atau tukik di Pantai Gumuk Kantong pada hari Kamis, 18 Juli 2024.

Kegiatan ini melibatkan seluruh murid baru tingkat RA/TK dan SDI, beserta para guru dan staf sekolah. Sebanyak 70 ekor tukik yang dilepas merupakan hasil penyelamatan dari masyarakat sekitar yang menemukan telur penyu di sekitar bibir pantai Gumuk Kantong.

Sebelum melepas tukik, anak-anak mendapatkan edukasi dari para pakar tentang pentingnya menjaga kelestarian penyu. "Mereka (anak-anak) diajarkan tentang jenis-jenis penyu, habitatnya, dan manfaatnya bagi manusia," kata Ketua Yayasan Saiq Al Hikmah, Dr. H. Moh. Mukhrojin, MSi.

Dr. Mukhrojin menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan menanamkan kecintaan terhadap alam dan biota laut sejak dini. "Melalui kegiatan ini, kami ingin anak-anak belajar tentang pentingnya menjaga kelestarian alam dan biota laut. Penyu merupakan hewan yang dilindungi yang bermanfaat untuk kelestarian laut, dan kita semua harus bertanggung jawab untuk melindunginya," ujarnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network