Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil Terima Penghargaan PIN Emas dari BNPB

Lukman Hakim
Ketua Kwarda Pramuka Jatim Arum Sabil Terima Penghargaan PIN Emas dari BNPB. Foto iNewsSurabaya/lukman

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Ketua Kwarda Pramuka Jawa Timur (Jatim) HM Arum Sabil menerima pin emas dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dalam kegiatan Jumpa Tokoh bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Letjen TNI Suharyanto, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso, dan Ketua Kwarda Gerakan Pramuka H.M Arum Sabil di Surabaya, Selasa (30/7/2024). 

Anugerah pin emas ini diberikan atas dedikasi Pramuka Jatim dalam melaksanakan penanggulangan setiap bencana alam yang terjadi di Jatim.  Acara jumpa tokoh kali ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pramuka ke-63. 

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka HM Arum Sabil menjelaskan gerakan pramuka terbuka untuk semua masyarakat Indonesia. Ia menegaskan bahwa pramuka memang selalu hadir membantu dalam pelaksanaan penanggulangan bencana di daerah. 

“Pramuka memiliki dasar dan taat kepada kode kehormatan Pramuka. Gerakan Pramuka punya potensi luar biasa dalam menginspirasi untuk peduli pada kemanusiaan,” tegas Arum Sabil. 

Untuk itulah, kwartir daerah membuat jumpa tokoh. Gerakan pramuka Jatim, lanjut Arum Sabil, aktif mengirimkan bantuan untuk bencana alam gempa bumi di Malang maupun erupsi Gunung Semeru, serta penanaman pohon. “Inilah kader yang siap, pelopor terhadap pencegahan bencana yang terjadi. Sosialisasi dan edukasi sehingga mengurangi terjadinya bencana di Indonesia,” pungkasnya.

Selain Arum Sabil, Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono juga menerima pin emas dalam hal serupa. Ia menegaskan bahwa pramuka selalu bersinergi dengan Pemprov dan BNPB untuk kemanusiaan. 

“Gerakan Pramuka Jatim bersama dengan BNPB dan Pemerintah Provinsi Jatim  harus saling bersinergi dan bersatu. Inilah kontribusi nyata untuk kemanusiaan dan kebencanaan,” ujar Adhy.

Menurut Adhy, bencana tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, Pramuka sebagai agen perubahan diharapkan akan mampu mendukung kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. 

“Rasa kemanusiaan dan empati bagi korban atau penyintas adalah skill yang harus dimiliki oleh anggota Pramuka yang selayaknya akan dicontoh masyarakat,” tambahnya. 

Secara khusus, BNPB juga memberikan bantuan kepada Pemerintah Provinsi Jatim dan Kwarda Jatim yang diserahkan oleh Kepala BNPB. Bantuan ini berupa tenda pengungsi 2 unit, tenda keluarga 10 unit, light tower 1 unit, velbed 30 unit, makanan siap saji 200 paket, matras 160 lembar dan selimut sebanyak 200 lembar. 

Pada kesempatan kali ini juga dilakukan penandatanganan MoU dan Perjanjian Kerja Sama antara BNPB dengan Kwarda Gerakan Pramuka. Hal ini sebagai tindak lanjut penandatanganan MoU antara BNPB dengan Kwarnas Gerakan Pramuka.

Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Budi Waseso menyampaikan bahwa MoU kali ini merupakan perpanjangan dari MoU yang sudah dilaksanakan 5 tahun yang lalu. 

“Kita kali ini memperpanjang MOU kerjasama antara BNPB dengan Kwarnas sudah berlangsung cukup lama. Pramuka pada dasarnya ikut serta dalam penanggulangan bencana,” kata Budi. 

Budi juga menjelaskan bagaimana peran Pramuka yang terlibat dalam kebencanaan, pengamanan, bahkan penjagaan lalu lintas. Itu adalah aksi nyata dari Pramuka. 

“Tentunya ke depan, yang memimpin negara ini adalah generasi muda. Anggota Pramuka khususnya harus berkualitas, terampil dalam kesigapan menangani bencana,” pungkasnya. 

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network