Cerita Unik Gus Hans Terpilihnya Jadi Bakal Cawagub Pendamping Risma di Pilkada Jatim 2024

Zainul Arifin
Proses Unik Gus Hans Terpilihnya Jadi Bakal Cawagub Pendamping Risma di Pilkada Jatim 2024. Foto iNewsSurabaya/zainul

JOMBANG, iNewsSurabaya.id - KH Zahrul Azhar Asumta, atau yang akrab disapa Gus Hans, membuka cerita menarik di balik terpilihnya dirinya sebagai bakal calon Wakil Gubernur untuk mendampingi Tri Rismaharini (Risma) dalam Pilkada Jatim 2024. Menurutnya, perjalanan menuju pencalonan tersebut dipenuhi dinamika yang tak terduga.

Gus Hans awalnya tak berpikir akan menjadi pendamping Risma. Ia justru mengusulkan beberapa nama lain untuk mendampingi mantan Wali Kota Surabaya tersebut. 

"Saya sampaikan ke timnya Bu Risma, silakan pilih yang itu, kalau nggak bisa, terpaksanya baru saya," ujarnya dengan nada bercanda, usai melengkapi berkas pencalonan di Pengadilan Negeri Jombang pada Kamis (29/8/2024).

Beberapa nama yang diusulkan Gus Hans termasuk Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin alias Cak Ipin, mantan Bupati Malang, Sutiaji, dan politisi muda Mufti Anam. "Jadi, salah satunya Mas Arifin yang saya usulkan, terus ada Mas Mufti Anam dan Pak Sutiaji," jelasnya.

Namun, perjalanan politik itu justru berbalik arah. Nama Gus Hans yang akhirnya muncul sebagai pendamping Risma. Ia pun merasa ada kejutan tak terduga di balik pencalonan ini. 

"Saya yang mengusulkan dia (Cak Ipin), malah dia yang menjebak saya jadi ini. Ini seperti sebuah jebakan politik yang unik," kelakar pengasuh Ponpes Darul Ulum Rejoso, Peterongan, Jombang ini.

Pria kelahiran Jombang, 23 Maret 1976, ini juga mengungkapkan bahwa rekomendasi dari PDIP sudah turun, dan surat tersebut kini berada di tangan Bupati Trenggalek, Cak Ipin. "Dibawa Mas Arifin sekarang. Ini dia, provokator saya," tambahnya sambil tertawa lepas.

Editor : Arif Ardliyanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network