Mimpi Warga Manukan Kulon Terwujud, Masjid At-Taqwa Hasil Swadaya Akhirnya Resmi Berdiri Megah

Ali Masduki
Peresmian Masjid At-Taqwa hasil swadaya warga RW-6 Kelurahan Manukan Kulon, Surabaya. Foto/iNewsSurabaya

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Mimpi warga Manukan Kulon terwujud, Masjid At-Taqwa hasil swadaya akhirnya resmi berdiri megah.

Masjid dua lantai yang besar dan megah ini hadir dengan arsistektur elegan inipun di resmikan Walikota Surabaya, Eri Cahyadi pada tanggal 4 September 2024. 

Dalam acara yang digelar sederhana dan penuh kekeluargaan di halaman masjid, Cak Eri, panggilan akrab Eri Cahyadi – tidak bisa hadir dan diwakili staf ahli, Fauzie Mustaqim. 

Acara tersebut juga dihadiri anggota DPRD Kota Surabaya, M. Machmud dan Imam Besar Masjid Agung Surabaya, KH Ahmad Muzakky, Camat Tandes, pegurus Masjid At-Taqwa serta warga Manukon Kulon. 

Staf Ahli Walikota Surabaya, Fauzie Mustaqim, yang mewakili Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf karena Cak Eri tidak bisa datang ada acara lain. Namun begitu, Cak Eri berjanji akan datang dikesempatan lain di masjid At-Ataqwa. 

Dia mengapresiasi yang tinggi atas keguyuban dan kebersamaan warga RW-6 Kelurahan Manukan Kulon, sehingga bisa membangun masjid megah yang membanggakan ini. Hal ini bisa menginspirasi warga lain untuk bisa melakukan hal yang sama. 

“Atas nama pemerintah, kami sangat mengapresiasi. Berkat kebersamaan dan gotong royong semua warga, masjid At-Taqwa terbangun. Mudah-mudahan tetap guyub. Ini bisa ditiru ditempat lain. Kami juga menyampaikan maaf karena pak Wali berhalangan hadir, ada acara lain,” katanya. 

M. Machmud, anggota DPRD Surabaya mengatakan kekagumannya dan sekaligus mengapresiasi apa yang dilakukan oleh warga RW-6 Kelurahan Manukan Kulon. Hal ini karena masjid yang cukup megah dengan anggaran miliaran rupiah ini dibangun secara swadaya para warga dan para donatur. 

“Kami bangga sekali dan perlu ditiru oleh warga yang lain. Bila perlu panitianya di bon. Semoga keajaiban akan mengalir terus. Masjidnya makmur dan warganya lebih makmur lagi,” kata politisi Partai Demokrat ini.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid At-Taqwa, Hatta Zaki, mengatakan, Masjid At-Taqwa tahun ini genap berusia 42 tahun sejak pertama kali dibangun tahun 1982. Renovasi dilakukan pada 13 Juli 2022. Semua dilakukan secara swadaya warga baik terkait pendanaan maupun SDM-nya. 

Dia bercerita bahwa kebutuhan dana untuk membangun masjid At-Taqwa memang tidak sedikit. Namun berkat kerja keras dan keguyuban semua warga, akhirnya masjid yang cukup megah ini terbangun dan sudah bisa difungsikan untuk kepentingan warga. 

“Alhamdulillah. Semua dimudahkan Allah. Semua warga mengumpulkan dana swadaya mulai Rp 2.000, 5.000, 20.000 dan dibantu para donatur, hingga saat ini sudah terkumpul dana Rp 5,6 miliar. Tanpa proposal keluar. Ada saja keajaiban. Itu semua kemudahan dari Allah. Semoga amal kita diterima Allah dan dibalas Syurga. Sekali lagi kami sampaikan terimakasih,” ujar Hatta. 

Imam Besar Masjid Agung Surabaya, KH Ahmad Muzakky, mengajak semua warga untuk memakmurkan masjid. Sebab, masjid tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah ritual saja, namun juga ibadah sosial. Dizaman Nabi Muhammad, masjid memiliki multi fungsi. 

Ustadz humoris ini juga mengajak warga untuk selalu menjaga persatuan umat. Salah satu tanda masjid Makmur adalah umatnya makin guyub. Semua bersatu untuk kebaikan masjid baik melalui ilmunya, dananya, pikiranya maupun tenaganya. 

“Tanda masjid makmur itu tambah apik masjid e tambah rukun warga e. Karena masjid untuk memperkokoh kesatuan dan persatuan umat. Jangan mutungan. Bersabarlah. Ini merawat Rumah Allah. Ini investasi akherat. Makin banyak kritikan tandanya akan dinaikan derajatnya oleh Allah,” tutup KH Ahmad Muzakky.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network