HUT ke-79, KAI Hadirkan Kereta Kesehatan dan Kereta Pustaka di Stasiun Bangil

Ali Masduki
Murid sekolah dasar menjalani pemeriksaan kesehatan mata di kereta kesehatan yang singgah di Stasiun Bangil. Foto/Daop 8 Surabaya

PASURUAN, iNewsSurabaya.id - Dalam rangka HUT ke-79 KAI, program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) KAI Daop 8 Surabaya menghadirkan layanan kesehatan berupa kereta Rail Clinic (kereta kesehatan) dan layanan Rail Library (kereta pustaka) di Stasiun Bangil pada Selasa 10 September 2024.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan Rail Clinic dan Rail Library ini mengundang masyarakat Kelurahan Pogar dan juga murid sekolah dasar yang berada dekat dengan area stasiun.

KAI Daop 8 Surabaya dengan program TJSL Rail Clinic dan Rail Library akan memberikan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama melalui Rail Clinic generasi ke-4. 

Pemeriksaannya meliputi pemeriksaan umum, pemeriksaan gigi, kesehatan ibu dan anak, pemeriksaan kesehatan mata, pemeriksaan laboratorium sederhana, serta penyuluhan kesehatan oleh Tim Kesehatan Daop 8 Surabaya.

"Tim Kesehatan dari KAI Daop 8 Surabaya yang akan memeriksa terdiri dari 3 dokter umum, 2 dokter gigi, 1 bidan, 2 apoteker, dan 14 paramedis," ucapnya.

Selain layanan kesehatan, pada rangkaian Kereta Rail Clinic juga terdapat layanan Rail Library. Para murid serta masyarakat sekitar yang hadir dapat memanfaatkan fasilitas tersebut, yang menyediakan ratusan buku bacaan dilengkapi dengan fasilitas e-Library atau perpustakaan elektronik berupa monitor layar sentuh dengan database berbagai bacaan, video edukatif yang terkoneksi dengan internet.

Acara yang dimulai pukul 08.00 WIB ini, KAI Daop 8 Surabaya juga memberikan penyuluhan kesehatan dengan topik Stunting dan Kesehatan Gigi serta pemberian puluhan Paket Gizi Sehat kepada murid SDN 3 Kiduldalem, pemberian bantuan puluhan kacamata baca pada murid SDN 1 Kiduldalem, penyuluhan sosialisasi keselamatan dan keamanan perjalanan KA oleh Polsuska Daop 8 Surabaya, dan juga pemberian bantuan sarana olahraga kepada SDN 1 Kiduldalem dan SDN 3 Kiduldalem.

Luqman Arif menambahkan, dengan diberikannya sarana perlengkapan olahraga ini, diharapkan para murid dapat melakukan aktifitas positif di sekolah, dan tidak melakukan kegiatan maupun aktifitas lain di sekitar jalur KA.

"Dengan adanya pengobatan melalui Rail Clinic ini, KAI berharap tingkat kesehatan warga yang berada di sekitar stasiun wilayah kerja KAI semakin menjadi lebih baik. Serta pada masyarakat yang tinggal berdekatan dengan Stasiun atau rel kereta api, untuk sama-sama menjaga keamanan perjalanan kereta api dan aset-aset yang menjadi milik PT KAI," pungkas Luqman.
 

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network