Developer Sumenep Nilai BTN Sudah Berikan Layanan Terbaik

Ali Masduki
Salah satu proyek rumah bersubsidi di Sumenep, Jawa Timur. Foto/Dokumentasi BTN

SUMENEP, iNewsSurabaya.id - Para pengusaha properti atau developer di kawasan Sumenep, Jawa Timur menilai layanan yang diberikan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) sudah sangat baik dalam memproses bisnis pembiayaan KPR Subsidi dan Non Subsidi. 

Pendapat ini diungkapkan oleh Direktur Utama PT Pendopo Agung Semekar Herman Wijaya Kusuma yang merupakan developer terkemuka di Sumenep khususnya dalam pembangunan rumah bersubsidi.

“Pelayanan BTN sudah sangat bagus dan maksimal kepada kita para pengembang. Dan sejauh ini aman-aman saja, tidak ada masalah, komunikasi lancar. Menurut saya tidak ada masalah karena kita adalah mitra bank dan sudah maksimal untuk melayani semua nasabahnya,” ujar Herman ketika dihubungi media, Rabu (11/9/2024).

Menurut Herman, peran BTN sudah sangat baik dalam memberikan pembiayaan perumahan baik untuk subsidi maupun non subsidi. Hal ini dibuktikan sejak beberapa tahun bekerjasama dengan BTN, tidak ada masalah yang berarti dalam melakukan proses bisnis.

Kuota KPR subsidi memang sedang terbatas dan belum ada info penambahan kuota subsidi sampai dengan saat ini. Sementara itu, penentuan kuota KPR Subsidi merupakan kewenangan dari pemerintah, bukan kewenangan Bank BTN. 

Herman berharap, para pengembang di Sumenep bisa terus bekerjasama dengan BTN yang berjuang untuk menambah kuota KPR Subsidi kepada pemerintah. Apalagi perkembangan sektor properti di Sumenep sangat bagus.

“Karena kebutuhan perumahan sederhana masih sangat banyak. Apalagi kalau kuota subsidi ditambah, kami dari pengembang sangat senang sebab penjualan kita beda ketika ada subsidi dengan ketika pemerintah mencabut. Tetapi yang harus ditegaskan adalah, ada atau tidak adanya subsidi tidak akan berpengaruh pada komitmen kami untuk terus mengembangkan properti di Sumenep sebab pasarnya memang masih sangat besar,” paparnya.

Sementara itu, Direktur PT Usaha Ontong Onggu Entry Lesmana mengaku layanan BTN sudah sangat bagus dan cepat. Pengurusan pengajuan KPR di BTN tidak berbelit-belit, karena pengalamannya yang sudah beberapa kali bekerjasaama dengan perseroan.

“Rata-rata penyelesaian makan waktu 2-3 Minggu. Misalnya saya menaruh 10 berkas di awal bulan, tanggal 20 sudah selesai. Bahkan kalau ASN bisa seminggu selesai. Tetapi kalau profil pembelinya wiraswasta, ya itu tadi sekitar 2-3 Minggu karena harus ada survei. Tetapi secara keseluruhan, pengurusan pengajuan KPR di BTN tidak berbelit,” katanya.

Sedangkan Manager Marketing PT Berkat Batu Kencana Zainal Masfuri. ST mengatakan BTN sebagai mitra pengembang sudah memberikan layanan yang sangat bagus. Apalagi sekarang pengajuan KPR juga sudah bisa dilayani secara online dan ini memudahkan pengembang. 

Saat ini Berkat Batu Kencana telah mengembangkan beberapa kawasan perumahan di Sumenep antara lain Perumahan Alam Juanda, Juanda mention, Surya Garden, Sania Garden, dan Patra Garden Gresik mengatakan 

“Peran BTN sangat besar di perusahaan kami. Karena sekitar 80%-95%, pembeli kami arahkan  ke BTN. Apalagi Procity Grup sudah bekerjasama dengan BTN sedah mencapai sekitar 40 tahun. Proyek di Surabaya juga didukung oleh BTN semua,” jelasnya.

Zainal mengaku, jasa BTN sangat besar dalam membuat perusahaan sukses sebagai pengembang, sehingga perusahaannya selalu mengarahkan pembeli rumah untuk mengambil KPR di BTN. Ada banyak kemudahan yang diberikan BTN, termasuk  proses KPR yang dinilai cukup cepat, juga ketika BTN melakukan sosialisasi ke dinas terkait, biasanya mengajak pengembang. 

“Kami mendapatkan support penuh dari BTN Cabang Pembantu Sumenep dan juga dari Cabang BTN di Bangkalan. Kami totalitas dengan BTN, karena sejak kecil dibesarkan BTN, termasuk saat awal pembangunan, juga dibantu BTN," pungkasnya.

Para pengembang juga mengapresiasi sikap transparan BTN dalam menginformasikan besaran suku bunga, baik suku bunga pinjaman untuk para pelaku usaha maupun bunga KPR untuk nasabah individu. BTN selama ini juga selalu proaktif menjelaskan setiap ada perubahan suku bunga. Tidak ada yang tidak diinformasikan terlebih dulu.  

Nasabah menyadari penentuan suku bunga dipengaruhi banyak faktor eksternal antara lain suku bunga acuan, tingkat inflasi dan biaya dana. Bank juga mempertimbangkan suku bunga bank lain sebagai acuan. 

“Informasi suku bunga bank selalu transparan. Semua bank mencantumkan besaran bunganya di saluran informasi resmi, baik di website maupun di konter layanan. Bank juga pasti melihat bunga yang ditawarkan bank lain agar tetap kompetitif. Semua wajar dan normal,” tandasnya.

Editor : Ali Masduki

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network