Inovasi Penelitian dengan Flashcard, Cara Unik Tingkatkan Kreativitas dan Kosakata Siswa SMP

Arif Ardliyanto
Cara Unik Tingkatkan Kreativitas dan Kosakata Siswa SMP dengan flashcard. Foto iNewsSurabaya/ist

SURABAYA, iNewsSurabaya.id - Siswa SMP 17 Agustus 1945 (SMPTAG) Surabaya berkesempatan menjadi bagian dari penelitian akademis yang dilakukan oleh Audiyah Musaadah, mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya. Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas penggunaan flashcard sebagai media pembelajaran untuk membantu siswa menulis teks deskriptif.

Setelah memperoleh izin dari pihak sekolah, penelitian yang bertajuk "The Use of Flashcards in Writing Descriptive Text in Junior High School" ini bertujuan untuk melihat bagaimana flashcard, sebagai alat bantu visual, dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyusun kalimat dan paragraf deskriptif, serta memperkaya kosakata mereka.

Apa Itu Flashcard?
Flashcard merupakan media pembelajaran sederhana namun efektif, berupa kartu yang memuat informasi visual atau kata-kata. Dalam penelitian ini, flashcard berisi gambar hewan digunakan untuk memicu daya pikir kreatif siswa dalam menulis deskripsi.

Audiyah menjelaskan bahwa penggunaan flashcard bertujuan untuk membantu siswa lebih memahami struktur teks deskriptif serta memudahkan mereka dalam membangun kalimat yang jelas dan rinci. 

"Flashcard membantu siswa secara langsung mempraktikkan kosakata baru dan menyusun teks deskriptif dengan lebih baik," ujarnya (26/9/24).

Sebanyak 10 siswa kelas VII SMPTAG Surabaya dipilih sebagai subjek penelitian. Mereka diberikan gambar hewan pada flashcard dan diminta untuk menulis deskripsi berdasarkan gambar tersebut. Aktivitas ini dirancang agar siswa dapat belajar dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

Menurut Audiyah, hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun penggunaan flashcard efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa, mereka masih membutuhkan latihan tambahan untuk menyempurnakan teks deskriptif sesuai dengan tata bahasa bahasa Inggris yang benar. Namun, ia juga menekankan bahwa flashcard telah membantu siswa lebih mudah memahami materi dan memperkaya kosakata.

Yang menarik dari penelitian ini adalah respons siswa terhadap metode tersebut. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi, dengan keterlibatan aktif yang meningkat selama proses belajar. 


Cara Unik Tingkatkan Kreativitas dan Kosakata Siswa SMP dengan flashcard. Foto iNewsSurabaya/ist

Flashcard berhasil menciptakan suasana kelas yang lebih hidup dan interaktif, sesuatu yang sangat diharapkan dalam metode pengajaran modern.

Selain memberikan wawasan baru dalam metode pembelajaran, penelitian ini juga membuka jalan bagi sekolah-sekolah lain untuk mengadopsi strategi serupa. "Kami berharap sekolah dapat mempertimbangkan penggunaan flashcard dalam kurikulum sebagai salah satu media pembelajaran inovatif," tambah Audiyah.

Kesuksesan penelitian ini turut mengiringi kelulusan Audiyah pada 26 September 2024. Didukung oleh keluarganya, terutama ayahnya, Supangat, Ph.D., yang juga Wakil Dekan I Fakultas Teknik Untag Surabaya, Audiyah mendapatkan pesan inspiratif dari sang ayah. "Selamat, Putriku. Ini adalah langkah awal dari perjalananmu yang panjang. Teruslah belajar dan jadilah sosok yang menginspirasi." ujarnya. 

Dengan penelitiannya yang inovatif, Audiyah membuka peluang baru dalam dunia pendidikan bahasa Inggris, menunjukkan bahwa media sederhana seperti flashcard bisa memberikan dampak besar bagi proses belajar siswa.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network